Diam-Diam, Akik Indonesia Jadi Incaran Kolektor Internasional. Katanya Berkualitas dan Murah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hiburan

Diam-Diam, Akik Indonesia Jadi Incaran Kolektor Internasional. Katanya Berkualitas dan Murah

FAJAR.co.id- Ketenaran batu akik mungkin tidak se-mentereng tahun lalu. Namun jangan dipikir peminatnya sudah berakhir. Kini pasar akik Indonesia mulai tenar di negara tetangga, seperti Singapura dan Australia.

Salah satu majalah online berbahasa Inggris, Rock and Gems Magz, pernah merilis artikel tentang musim akik di Indonesia. Majalah edisi bulan Agustus 2015 itu, menjelaskan tentang musim batu di Indonesia ikut merambah ke beberapa negara, yaitu Australia dan Singapura.

Meski tidak menjelaskan, seperti apa musim batu di kedua negara ini, namun RnG Magz menyebutkan, batu permata asal Indonesia lebih diminati karena kualitas dan harganya,

“lebih bagus namun tidak mahal,” tulisnya, seperti yang dikutip Fajar.co.id [NEXT-FAJAR]

Sementara itu, pengakuan M. Fadli (38), salah satu pedang batu akik di Rawa Bening Jakarta Timur, mengatakan, batu Jenis opal dan bacan pernah di borong dua orang turis asal Australia. Totalnya sekitar Rp 9 juta.

“Namun saya pikir untuk koleksi pribadi atau ingin dihadiahi ke kerabat mereka. Tapi dengan jumlah seperti itu saya pikir juga untuk keperlian lain, sperti dijual lagi di negara  mereka,” terangnya.

Menurutnya, di Rawa Bening bukan hal yang aneh  melihat turis berseliweran dari satu lapak ke lapak lain. Baik yang berasal dari eropa, Afrika maupun asia seperti  China atau Jepang.

“Namun apapun keperluan mereka, saya berfikir turis adalah pembeli yang potensial. Nekat membeli dengan harga yang bagus dan jumlah yangbesar,” aku Fadli.

(iqi)

loading...
Click to comment
To Top