Fortuga ITB Heran Blok Masela Mau Dibangun di Laut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Fortuga ITB Heran Blok Masela Mau Dibangun di Laut

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Proyek Lapangan Gas Abadi, Masela, Maluku, dengan pola terapung di laut membuat heran Forum Tujuh Tiga (Fortuga) ITB

“Saya merasa aneh saja kenapa pilihan justru di laut, bukan di darat. Sementara kita berpengalaman dalam membangun proyek LNG di darat,” kata  pakar LNG, Yoga Suprapto, ketika menghadiri diskusi dengan tema “Kekayaan Blok Masela Untuk Siapa?” di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta (Selasa, 6/10).

Menurut dia, dari penelitian, kajian dan perhitungan ulang serta membandingkan dengan beberapa proyek pengembangan migas baik di darat dan di laut di beberapa negara, ‎yang dilakukan Tim Fortuga, biaya operasional lebih murah di darat ketimbang di laut.

Bahkan dari kajian konsultan yang belum pernah dipublikasikan pembangunan jalur pipa laut ke darat melalui palung Selaru-Tanimbar secara teknis dan konstruksi lebih aman dan layak.

Biaya investasi pun lebih murah. Proyek LNG Abadi, Masela di darat sebesar 16 miliar dolar AS, sedangkan dibangun terapung di laut mencapai 22 miliar dolar AS. Begitu pula Total Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada LNG terapung maksimal 10 persen sedangkan di darat, dari pengalaman Indonesia membangun di darat, TKDN mencapai 35 persen.

Dan yang tak kalah penting, menurut Yoga, kalau dibangun di darat, manfaat TKDN dirasakan langsung oileh masyarakat Maluku dan maupun masyarakat lainnya di kawasan Timur Indonesia.

“Bahkan kalau dibangun di darat justru membuka peluang bangkitnya ekonomi. sosial, kewilayahan dan penguatan ketahanan nasional di kawasan Indonesia bagian Timur, seperti industri maritim, kelistrikan dan lain sebagainya,” kata Yoga. (ysa/rmol)

loading...
Click to comment
To Top