Karang Taruna Kota Semarang Siap Pelopori Gerakan Wirausaha Mandiri – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Karang Taruna Kota Semarang Siap Pelopori Gerakan Wirausaha Mandiri

SEMARANG – Pasca pelantikan pengurus baru, Karang Taruna Kota Semarang dibawah pimpinan I Gede Ananta Wijaya Putra, langsung melakukan audiensi kepada Pj. Walikota Semarang Tavip Supriyanto. Audiensi itu untuk memperkenalkan para pengurus baru, memaparkan program kerja dan untuk menyikapi kondisi pertumbuhan ekonomi nasional yang sedang melambat yang mengakibatkan penurunan daya beli masyarakat dan maraknya pemutusan hubungan kerja (PHK).
Pj Walikota Semarang Tavip Supriyanto dalam kesempatan itu menyampaikan, para pengurus Karang Taruna yang baru dalam menyusun program kerja jangan melangit dan muluk-muluk, tetapi program kerja yang riil menyentuh langsung kepada akar rumput dan masyarakat lapisan bawah ditingkat kelurahan.
“Di Pemkot sudah ada gedung PIP, silahkan manfaatkan fasilitas yang ada baik akses internet, ruangan rapat dan sebagainya. Kami Pemkot siap memfasilitasi Karang Taruna Kota bersama-sama dengan Stakeholder yang ada. Seperti BUMN-BUMD melalui program CSR dan PKBL-nya untuk percepatan pengentasan kemiskinan dan menekan angka pengangguran produktif generasi muda di Kota Semarang,” ujarnya, Senin (5/10) didampingi Kepala Dinsospora Kota Semarang Gurun Risyadmoko dan Kabid Ormas dan OKP Badan Kesbangpol Kota Semarang, Ragil Widodo.
Ketua Karang Taruna Kota Semarang terpilih Ananta yang didampingi perwakilan ketua karang taruna kecamatan se-Kota Semarang menyampaikan apresiasi dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pejabat Walikota Semarang atas support dan dukungan penuhnya terhadap pengurus karang taruna yang baru termasuk mendukung rencana program riil karang taruna sampai ke tingkat kelurahan.
“Kami akan terus bergerak ke akar rumput dengan mempelopori gerakan wirausaha mandiri dengan menggandeng HIPMI Kota Semarang sampai ke tingkat kecamatan dan kelurahan,” kata Ketua Karang Taruna Periode 2015-2020 ini.
I Gede Ananta menjelaskan, anggotanya yang ada di grassroot dibekali pelatihan kewirausahaan, kemudahan akses permodalan sampai pendampingan sehingga orientasi anggota karang taruna bukan lagi menjadi PNS semata, tetapi sudah bermimpi menjadi pengusaha.
”Dilihat dari data statistik, generasi muda hampir 25 % lebih dari jumlah penduduk yang ada. Dimana persoalan pengangguran dan kemiskinan bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama warga masyarakat termasuk kami dari karang taruna didalamnya. Maka dari itu kami pelopori gerakan wirausaha mandiri,” tambahnya.
Lebih lanjut I Gede mengatakan, program wirausaha mandiri tersebut akan berjalan sukses dengan ditopang berbagai stakeholder yang ada baik dari pemerintah, swasta dan organisasi lainnya.
“Sehingga benar-benar memiliki dampak positif dalam menekan angka pengangguran produktif yang membantu program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan di Kota Semarang,” tegasnya. (otg)

loading...
Click to comment
To Top