Program Pasar Sehat Berdaya 2015 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Program Pasar Sehat Berdaya 2015

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Sebagai salah satu upaya mewujudkan Makassar Ta’ Tidak Rantasa, pemerintah kota bekerja sama Yayasan Peduli Negeri (YPN) serta Yayasan Unilever Indonesia (YUI) menggelar sosialisasi tahap awal dalam bentuk ToT Pasar sehat berdaya 2015 di Country Cafe dan Resto, sejak 5 Oktober. Program yang melibatkan Pasar Maricaya serta Pasar Toddopuli itu diharapkan menjadi pasar percotohan berbasis lingkungan dan kesehatan.

Ketua YPN, Saharuddin Ridwan dalam laporannya menjelaskan, program itu merupakan bentuk pemberdayaan pasar tradisional berbasis lingkungan yang berkesinambungan. Dengan mengedepankan aspek kesehatan, serta kebersihan lingkungan.

Hal itu menjadi langkah awal dalam mempromosikan keamanan pagan. “Sebagai wadah sirkulasi pangan tentu ada standar yang harus kita perhatikan, melalui program ini tentu menjadi langkah bagi kita untuk mewujudkan berbagai aspek kesehatan dan tatanan pasar sesuai standar yang kedepannya akan tetap berkesinambungan,” ujarnya.

[NEXT-FAJAR]

Selain pembenahan infrastruktur, pasar segar juga diharapkan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya mewujudkan pasar bersih dan sehat bagi pedangang pasar tradisional dengan tetap bersinergi dengan PD pasar setempat yang berbasis multilevel.

Dinas Kesehatan kota Makassar diwakili dr Sukmawati dalam sosialisasinya berharap, kedua pasar terpilih itu benar-benar menjadi percontohan bagi pasar yang lain sebagai tempat pemenuhan standar gizi yang bersaing serta berkualitas, untuk menuju Makassar kota dunia.

“Menuju pasar sehat tentu harus memenuhi kriteria tertentu, yang akan didukung oleh pola perilaku masyarakatnya. Yang secara umum bisa membuat pangunjungnya merasa nyaman dan aman,” katanya. (rilis)

Click to comment
To Top