Warga Barus Demak Tuntut TPA Dipindahkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Warga Barus Demak Tuntut TPA Dipindahkan

DEMAK – Warga Dukuh Barus, Kalikondang, Demak, menuntut agar tempat pembuatan akhir (TPA) sampah yang berada di wilayahnya tersebut dipindahkan. Tuntutan tersebut terkait adanya dampak buruk dari TPA.

Mustain SH selaku perwakilan dari warga mengungkapkan bahwa keberadaan TPA tersebut menimbulkan berbagai macam penyakit bagi warga. Bahkan, beberapa di antaranya meninggal dunia karena terserang penyakit Leptospirosis.
Untuk merespon tuntutan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum, Pemukiman, Pertambangan dan Energi (DPUPPE) Kabupaten Demak mengajak warga untuk mediasi. Mediasi dilakukan di Kantor TPA Barus pada Senin (5/10). Dalam mediasi tersebut, Plt Kadin DPUPPE Drs Doso Purnomo mengungkapkan bahwa pihaknya akan berupaya untuk menyelesaikan masalah TPA itu.
Tuntutan pokok dari warga Barus yaitu TPA diminta ditutup dan dipindah ke tempat lain. Selain itu, warga juga mengatakan bahwa rencana pengolahan yang akan dilakukan DPUPPE terkait penanganan sampah/limbah itu sudah terlambat. “Warga banyak yang sakit karena pencemaran udara yang tidak sehat bahkan ada warga yang meninggal dunia karena penyakit Leptospirosis,” ujar Mustain.
Mediasi tersebut belum menemui titik terang di mana lokasi peralihan untuk TPA ini. Selanjutnya, mediasi diagendakan akan dilanjutkan oleh perwakilan tujuh orang pada Kamis (8/10) mendatang, antara warga Dukuh Barus, Kalikondang dengan Bupati Demak.
Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Kabid Kebersihan DPUPPE Drs. Masruh, Drs. Sugiharto, M.Is. dari Amdal, Kapolsek Demak Kota Ipda Sugeng Riyadi BPS, SH, serta Kasi Ops Satpol PP Kab Demak Imam Fikri. Selain itu, hadir pula Kasi Tramtib Kec Demak Kota Mustamim, Dansat Korcab Banser Demak Mustain SH, MH dan warga sekitar TPA RT/RW: 05/06 Desa Kalikondang yang berjumlah sekira 50 orang. (Sof)

loading...
Click to comment
To Top