Baca Nih! Mitos dan Fakta Tentang Vitamin C – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Interest

Baca Nih! Mitos dan Fakta Tentang Vitamin C

Baca Nih! Mitos dan Fakta Tentang Vitamin C

FAJAR.CO.ID – Kebanyakan orang tahu satu atau dua hal tentang vitamin C. Tapi mitos tentang nutrisi penting ini juga masih cukup umum. Misalnya, apakah Anda tahu bahwa vitamin C bisa membantu kesehatan jantung Anda?

Sebuah studi baru dari University of Colorado, Boulder, menemukan bahwa bahwa mengonsumsi 500 mg dosis vitamin C memiliki efek perlindungan pada pembuluh darah.

Berikut ini mitos dan fakta tentang vitamin C, seperti dilansir laman Health, Senin (5/10).

1. Mitos: Flu bisa disembuhkan dengan vitamin C

Sementara beberapa penelitian menunjukkan bahwa secara teratur mengonsumsi suplemen vitamin C mungkin bisa mengurangi gejala flu ringan tapi yang sebenarnya terjadi adalah bahwa vitamin C mengurangi risiko flu sebesar 50 pada pada atlet laki-laki, tapi tidak pada wanita.

Memang benar bahwa vitamin C sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan bahwa ia memainkan peran kunci dalam penyembuhan luka. Tapi cara terbaik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah dengan makan secara sehat, termasuk produk yang kaya vitamin C sepanjang waktu.

2. Fakta: Kekurangan vitamin C jarang terjadi

Tubuh kita tidak bisa memproduksi vitamin C yang berarti kita harus mendapatkannya dari makanan. Namun kini kekurangan vitamin C yang bisa menyebabkan gusi berdarah dan mimisan, sendi bengkak, kulit kering dan memar jarang terjadi.

[NEXT-FAJAR]

Target harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 75 mg untuk wanita dan 90 mg untuk laki-laki, meskipun banyak ahli percaya itu harus dinaikkan menjadi 200 mg. Satu jeruk kecil menyediakan sekitar 70 mg.

3. Mitos: Jeruk adalah sumber terbaik dari vitamin C

Sementara jeruk merupakan sumber vitamin C, sayuran seperti paprika justru mengandung lebih banyak vitamin C.

Satu cangkir cincang paprika merah mentah mengandung 200-300 mg vitamin C. Sumber lain vitamin C termasuk brokoli, kubis Brussel, kiwi, stroberi, pepaya, nanas dan melon serta tentu saja buah jeruk.

4. Fakta: Asupan vitamin C yang cukup membantu penurunan berat badan

Kekurangan vitamin C telah dikaitkan dengan memiliki BMI yang lebih tinggi, persentase lemak tubuh yang juga lebih tinggi dan lingkar pinggang dibandingkan dengan orang dengan tingkat normal. (fny/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top