Cek Hak Pilih di Majene Bisa Via SMS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Cek Hak Pilih di Majene Bisa Via SMS

FAJAR.CO.ID, MAJENE – Inovasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Majene, patut diapreasiasi. Mempermudah masyarakat Majene mengetahui lokasi TPS untuk menggunanakan hak pilih dalam pemilihan bupati dan wakil bupati pada 9 Desember 2015 mendatang.

KPU Majene melaunching program SMS gateway. Pemilih bisa dipermudah sebab cukup mengetik pemilih spasi Nomor Induk Kependudukan (NIK), kemudian kirim ke 085395859999. KPUD Majene menjawab secara otomatis nama yang bersangkutan di kecamatan, desa dan TPS mana dia akan memilih nantinya.

Program itu dengan basis data yang digunakan berdasar DPT sebanyak 107.464 pemilih. Program ini pun akan menjadi alat kontrol, utamanya mengecek pemilih baik sudah terdaftar atau belum ada dalam DPT.

Komisioner KPU Majene Devisi Data, Sulfan Sulo, menjelaska program bisa mendekatkan pemilih dengan pemilu. Program ini pemilih tidak perlu datang ke PPS, PPK dan KPU untuk mengetahui lokasi pencoblosanny. “Pemilih hanya cukup dengan layanan via sms. Dari sms saja kita akan mendapatkan informasi apakah dia sudah terdaftar atau belum dalam DPT,” ujar Sulfan.

[NEXT-FAJAR]

Hal ini juga bisa meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Akses lebih mudah terhadap pemilu, sehingga juga tidak menimbulkan jarak dengan penggunaan teknologi.

SMS Gateway juga ini tak lain untuk menyebarluaskan informasi melalui pesan singkat. Bahkan, pesan dapat dikirim kepada ratusan nomor telepon seluler secara cepat. “SMS ini menggunakan tarif biasa bahkan pengguna seluler yang sudah daftar TM SMS bisa digunakan tanpa dikenakan biaya lagi,” tuturnya. (ham)

loading...
Click to comment
To Top