INFID Wujudkan SdGs yang Inclusif dan Partisipatif – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

INFID Wujudkan SdGs yang Inclusif dan Partisipatif

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – International  NGO Forum on Indonesia Development (INFID) menyelenggarakan pertemuan nasional masyarakat sipil untuk SdGs (pembangunan berkelanjutan) di Hotel Aryaduta, Jakarta pada 6 – 7 Oktober 2015. Dalam kegiatan tersebut, hadir sebagai peserta dari utusan masyarakat sipil dan CSOs seluruh Indonesia.

Nara sumber dalam kegiatan tersebut terdiri dari utusan dari CSo, New York dan London Inggris. Sementara dalam negeri adalah bupati Wonosobo Abdul kholiq, perwakilan INFID wilayah Sulsel Mulyadi Prajitno, dan perwakilan Pemerintah diwakili kementerian dalam negeri. Selain itu, ada juga nara sumber dari kantor staf Presiden, Bapenas RI dan kementerian luar negeri untuk isu SdGs,

INFID Perwakilan Sulsel, Mulyadi Prajitno menjelaskan, dalam pertemuan tersebut membahas 17 isu utama yang terjadi saat ini. 17 goals ini akan dibreak Down lagi dalam ratusan target dan indikator yang sementara di bahas bersama antara Pemerintah dan masyarakat sipil Indonesia sebagai tindak lanjut dari sidang PBB yang berlangsung di New York akhir September yang dihadiri oleh wakil Presiden Yusuf Kalla dan pemimpin dunia lainnya.

“Oleh karena itu masyarakat sipil di Indonesia melalui INFID akan mengawal dan memastikan agenda pembangunan berkelanjutan ini dapat berjalan dengan baik sampai ke daerah kabupaten-kota secara partisipasitif dan inclusive,” kata Mulyadi kepada Fajar Online.

Forum ini dinilai sangat penting mengingat pembelajaran dan pengalaman pelaksanaan MDGs yang terkesan Pemerintah jalan sendiri dan terlambat dalam merespons komitmen tersebut sehingga target capaiannya kurang maksimal bahkan ada goals yang gagal mencapai target. Oleh karena Pemerintah dan CSo harus membangunkan kesepahaman bersama dan membuat kepanitiaan bersama dalam mengawal SdGs ini. (hmr)

Berikut 17 isu utama yang dibahas dalam pertemuan Nasional Masyarakat Sipil:

  1. Menghapus kemiskinan
  2. Mengakhiri kelaparan
  3. Kesehatan dan kesejahteraan
  4. Kualitas pendidikan yang baik
  5. Kesetaraan gender
  6. Air bersih dan Sanitasi
  7. Akses energi yang terjangkau
  8. Pertumbuhan ekonomi
  9. Inovasi dan infrastruktur
  10. Mengurangi ketimpangan
  11. Pembangunan berkelanjutan
  12. Konsumsi dan produksi berkelanjutan
  13. Mencegah dampak perubahan iklim
  14. Menjaga sumber daya laut
  15. Menjaga ekosistem darat
  16. Perdamaian dan keadilan
  17. Revitalisasi kemitraan global.

To Top