Jangan Cuma Nama Doang! Katanya Negara Maritim tapi Kapal Navigasi Sedikit – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Jangan Cuma Nama Doang! Katanya Negara Maritim tapi Kapal Navigasi Sedikit

JAKARTA – Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bobby R Mamahit menyatakan saat ini Indonesia belum memenuhi jumlah ideal kapal navigasi. Saat ini Indonesia hanya mempunyai 67 kapal navigasi. Jumlah tersebut belum ada separuhnya dari jumlah ideal kapal navigasi.

Kapal navigasi merupakan kapal untuk melakukan pemantauan maupun pengamatan di sekeliling laut. Kapal ini juga bisa membantu tugas SAR dalam melakukan pencarian.

“Idealnya 120 (kapal navigasi), kita masih kurang banyak, sekarang baru 67 kapal yang kita punya,” ujar Bobby di kantornya, Jakarta, Rabu (7/10).

Dengan jumlah 67 kapal navigasi yang sudah dimiliki, selama ini kata Bobby Kemenhub memanfaatkannya secara bergantian. Terlebih, tidak setiap tahun pihaknya membangun kapal navigasi. Karena itu tahun ini Kemenhub akan membangun delapan kapal navigasi, yang ditargetkan bisa rampung hingga 2017 dengan total kontrak Rp369 miliar.

“Yang sekarang ya saling mengisi saja karena nggak sepanjang tahun ngambil kapal navigasi. Nanti akan dibangun delapan kapal navigasi, apalagi sudah banyak kapal navigasi yang usianya udah tua, beberapa ada yang sudah 40 tahun,” ungkap pria berambut klimis ini. (chi/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top