Kain Tenun Tedunan Akan Dipakai Pimpinan SKPD dalam Demak Fair – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Kain Tenun Tedunan Akan Dipakai Pimpinan SKPD dalam Demak Fair

DEMAK – Kain tenun produksi dari Desa Tedunan, Wedung, Demak terpilih sebagai busana kebesaran yang akan dikenakan oleh pimpinan SKPD se-Kabupaten Demak dalam event akbar Demak Fair.

Kepala Dinparbud Kabupaten Demak M Ridwan mengatakan, tujuan dari memunculkan kain tenun ini dalam event tingkat nasional itu adalah untuk mengenalkan kain ini kepada masyarakat.
“Jadi, kain ini akan dipakai pimpinan SKPD dalam pembukaan acara Demak Fair. Tujuannya agar kain ini semakin dikenal oleh masyarakat biar distribusinya juga semakin luas,” terangnya di Kantor Dinparbud Kabupaten Demak, Rabu (7/10).
M Ridwan menambahkan, terpilihnya kain tenun produksi lokal itu merupakan usulan dari Bupati Demak M Dachirin Said. Katanya, itu merupakan salah satu bentuk kepedulian bupati pada produk-produk dari lokal. Dengan munculnya busana kebesaran dari tenun, diharapkan nantinya kain tenun bisa semakin dikenal.
Sobirin, perajin tenun dari Desa Tedunan, Wedung merasa bangga karena produksinya bisa dikenakan oleh para petinggi pemerintahan di Kabupaten Demak. Dirinya juga berharap agar event Demak Fair tersebut bisa menjadi batu loncatan bagi perkembangan pemasaran kain tenun ke depan.
“Semoga ini menjadi langkah awal supaya produk dari masyarakat Demak bisa lebih terangkat. Tidak hanya tenun saja, tapi juga produk-produk lainnya,” harapnya.
Dia menambahkan, memang hingga saat ini pemasaran masih menjadi kendala bagi tenun. “Yang memakai kain tenun ini kan terbatas ya. Misalnya ya petinggi pemerintahan saja karena harganya memang cukup mahal,” imbuhnya.
Dia menjelaskan, satu helai kain tenun ukuran 1,18X2,5 m kain dihargai Rp130 ribu. “Tapi, ada juga ukuran empat meter atau bisa juga disesuaikan jika ada pesanan,” tuturnya. (sof)

Click to comment
To Top