Kena Serangan Jantung, Pilot Baik Hati Ini Tewas Saat Terbangkan Pesawat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Internasional

Kena Serangan Jantung, Pilot Baik Hati Ini Tewas Saat Terbangkan Pesawat

FAJAR.CO.ID, SYRACUSE – Michael Johnston, 57, Pilot maskapai American Airlines itu mengembuskan napas terakhir saat menjalankan tugas di udara pada Senin (5/10). Untungnya, kopilot yang menggantikannya sigap dan berhasil mendaratkan pesawat secara darurat tanpa membuat penumpang panik.

Pesawat dengan nomor penerbangan American Flight 550 tersebut terbang dari Phoenix menuju Boston pada Minggu (4/10) pukul 23.55. Pesawat itu membawa 147 penumpang dan 5 orang kru. Di tengah penerbangan, Kapten Johnston tiba-tiba sakit dan akhirnya tutup usia. Pesawat tersebut pun mendarat darurat di Syracuse, New York, pukul 07.00 waktu setempat.

”American 550. Darurat medis. Kapten membutuhkan penanganan,” ujar kopilot pada menara kontrol bandara Syracuse saat meminta izin mendarat. Para penumpang tidak diberitahu mengenai kondisi pilot saat itu agar tidak panik.

Meninggalnya pilot saat menjalankan tugas sempat beberapa kali terjadi. Administrasi Penerbangan Federal AS menyatakan, sejak 1994 ada tujuh pilot yang mendadak menemui ajal saat mengemudikan pesawat.

Istri Johnston, Betty Jean, mengungkapkan bahwa suaminya mungkin terkena serangan jantung. Pada 2006 Johnston sempat menjalani operasi bypass jantung. Namun, sejak itu kondisinya cukup sehat. Pihak maskapai juga mewajibkan bapak delapan anak tersebut melakukan cek kesehatan rutin setiap 6 bulan sekali.

”Dia suka terbang dan dia adalah orang yang penyayang serta perhatian yang akan melakukan apa pun untuk membantu orang lain,” ungkap Jean. Sejatinya, 18 Oktober nanti adalah ulang tahun ke-35 pernikahan mereka. (AP/CNN/BBC/sha/c20/ami/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top