ACC Temukan 105 Indikasi Korupsi di Pemkot Makassar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

ACC Temukan 105 Indikasi Korupsi di Pemkot Makassar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dua lembaga antikorupsi masing-masing Transparency International Indonesia (TII) dan Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi merilis hasil penelitian dan pemantauan Strategi Nasional Pemberantasan Korupsi (Stranas) di Kota Makassar. Dari pemantauan itu, ACC dan TII menemukan 105 temuan indikasi korupsi dalam tata kelola pemerintahan dari delapan prioritas kebijakan pemerintah Kota Makassar.

Temuan itu tidak adanya rencana aksi daerah (RAD) dalam kebijakan pemerintah yang dibentuk sebagai upaya dini pemberantasan dan pencegahan korupsi. Peneliti ACC Sulawesi, Farid Wajdi menjelaskan, dari 105 pola masalah korupsi, penyalahgunaan wewenang memiliki tingkat tertinggi yakni 39 persen. Penyalahgunaan umumnya pada pengadaan barang dan jasa.

Pola korupsi lainnya mencakup advokasi penganggaran sebesar 28 persen, kasus suap dalam bidang kesehatan sebesar enam persen, pemerasan di sektor pendidikan sebesar tiga persen. Sedangkan kasus gratifikasi bidang lingkungan sebesar 10 persen, tindak kecurangan dalam pelayanan publik sebesar empat persen, dan benturan kepentingan sebanyak 10 persen.

ACC bersama lembaga antikorupsi lain akan melaporkan temuan tersebut ke Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto dengan harapan Pemkot mampu membentuk rencana aksi daerah. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top