Amerika Ungkap Misi Rusia di Suriah. Targetnya Bukan ISIS Tapi Oposisi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Amerika Ungkap Misi Rusia di Suriah. Targetnya Bukan ISIS Tapi Oposisi

MAYORITAS- serangan yang dilancarkan Rusia ke Suriah bukan untuk menghancurkan milisi ISIS. Amerika Serikat menyebut bahwa 90 persen Rusia itu menargetkan oposisi moderat Suriah.

“Lebih dari 90 persen serangan Rusia tidak ditargetkan ke ISIS. Serangan Rusia mengenai kelompok oposisi yang menginginkan masa depan lebih baik bagi Suriah dan tidak ingin rezim Presiden Suriah Bashar al Assad berkuasa,” ujar jurubicara Departemen Luar Negeri AS, John Kirby sebagaimana diberitakan AFP, Kamis (8/10).

Sementara Rusia mengatakan bahwa target mereka adalah seluruh kelompok militan di Suriah, termasuk ISIS. Rusia memang dikenal sebagai sekutu dekat Presiden Bashar al Assad.

Sedangkan AS merupakan pendukung kelompok oposisi moderat Suriah yang memerangi Assad. AS pun menyebut apa yang dilakukan Rusia hanya akan memperburuk konflik.

“Mereka diserang dengan rudal jelajah dari laut ataupun bom dari pesawat tempur Rusia, hasilnya akan tetap sama, yaitu Assad tetap mendapat dukungan dari Rusia,” tandasnya.[ian]

Click to comment
To Top