Apakah Publik Puas dengan Kinerja Jokowi-JK? Hasil Survei Mencatat Sebagian Besar Tidak! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Apakah Publik Puas dengan Kinerja Jokowi-JK? Hasil Survei Mencatat Sebagian Besar Tidak!

JAKARTA – Menjelang setahun pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) pada 20 Oktober mendatang, Indo Barometer melakukan survei keberhasilan dan kegagalan pasangan tersebut. Survei dilakukan terhadap 1.200 responden di 34 provinsi pada 14-22 September 2015.

Menurut Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi, tidak semua responden merespon positif. Yang puas pada kinerja Jokowi hanya 46 persen.

“Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK) saat ini hanya sebesar 46 persen. Yang tidak puas 51,1 persen,” ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari, membacakan hasil surveinya di Jakarta Selatan, Kamis (8/10).

Jika dibandingkan dengan hasil survei 6 bulan sebelumnya, menurut M Qodari, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo mengalami penurunan dari 57.5 persen ke 46 persen.

“Telah terjadi penurunan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi sekitar 11.5 persen. Kalau enam bulan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi 57.5 persen. Sekarang turun menjadi 46 persen,” katanya.

Menurut Qodari, hasil survei menunjukkan bahwa terjadi penurunan tingkat kepuasan publik, juga terjadi terhadap kinerja Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pada enam bulan yang lalu, ujar Qodari, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Wakil Presiden Jusuf Kalla turun dari 53.3 persen menjadi 42.1 persen.

“Berarti terjadi penurun sebesar 11.2 persen. Penurunan ketidakpuasan publik ternyata lebih besar terjadi pada Jokowi, sebesar 11.5 persen,” ungkapnya.

Selain itu, Indo Barometer juga mengukur tingkat kepuasan publik terhadap kinerja para menteri yang juga mengalami penurunan kepuasan tapi tidak sampai dua digit.

“Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja para Menteri secara umum sebesar 37.1 persen. Yang tidak puas 46.7 persen. Jika dibandingkan survei 6 bulan sebelumnya, tingkat kepuasan publik terhadap kerja para Menteri semakin turun dari 46.8 persen ke 37.1 persen. Atau penurunan sebesar 9.7 persen,” imbuhnya.(flo/fas/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top