Datangi Titik-Titik Asap di Sumatera, Jokowi: Kita ini Memang Baru Konsentrasi… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Datangi Titik-Titik Asap di Sumatera, Jokowi: Kita ini Memang Baru Konsentrasi…

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke lokasi bencana asap di Sumatera pada Kamis (8/10). Turut serta dalam rombongan Presiden, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Desa Pembagunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Fajar dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki.

“Ini kami mau ke Riau, ke Jambi, Sumsel (Sumatera Selatan), Sumbar (Sumatera Barat). Di tempat-tempat yang ada asap,” ujar pria yang akrab disapa Jokowi itu di Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (8/10).

Untuk diketahui, tindakan Presiden Jokowi untuk mengunjungi wilayah ini yang terkena musibah bancana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) serta asap ini sejalan dengan desakan sejumlah kalangan. Presiden Jokowi diminta turun langsung untuk memimpin penanggulangan bencana Karhuta dan asap.

Dalam beberapa kesempatan, Jokowi menginstruksikan kepada jajaran pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta TNI dan Polri untuk menindak tegas tidak hanya pembakar hutan, termasuk juga mereka yang memerintah melakukan pembakaran hutan. Namun, diakuinya memang masih ada titik-titik api di beberapa wilayah.

“Kita ini memang baru konsentrasi. Kemarin kami rapat pengerahan pasukan untuk masuk ke sana, karena titik api, sangat merah sekali,” imbuhnya.

[NEXT-FAJAR]

Sebelumnya pada rapat terbatas tentang Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat di Kantor Presiden, Rabu kemarin, Jokowi meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan untuk memerhatikan pendidikan bagi anak-anak yang terkena bencana asap.

“Jangan sampai mereka dirugikan. Utamakan kesehatan mereka terlebih dahulu, liburkan sekolah-sekolah hingga kondisi membaik,” ujarnya.

Pada Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Jokowi meminta kesiapan pelayanan di posko-posko yang didirikan di provinsi yang terkena bencana asap. “Berikan pelayanan terbaik dan bagikan masker-masker kepada penduduk,” ujarnya.

Presiden juga meminta Menteri Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise agar memperhatikan anak-anak di daerah bencana asap. “Jangan sampai anak-anak di daerah bencana asap mengalami trauma,” ujarnya. (flo/jpnn)

Click to comment
To Top