MENGERIKAN! Jembatan Kaca di Jurang Tiongkok Retak, Pengunjung Panik… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

MENGERIKAN! Jembatan Kaca di Jurang Tiongkok Retak, Pengunjung Panik…

FAJAR.CO.ID, BEIJING – Berjalan jembatan kaca di Yuntaishan Scenic Park, Tiongkok, Senin (5/10), terntu mengerikan. Apalagi ketinggiannya 1.080 meter di atas permukaan laut. Kengerian itu makin berlipat-lipat karena jembatan gantung kaca itu mulai retak. Pengunjung yang didominasi turis lokal tersebut panik dan berhamburan.

”Baru saja menyaksikan momen bersejarah. Jembatan kaca Yuntaishan retak,” tulis salah seorang pengguna Weibo.

”Saat mendekati ujung jembatan, saya mendengar suara benturan yang keras dan kaki saya bergetar. Saya menunduk dan melihat kaca di bawah saya pecah,” tambahnya.

Pengguna Weibo dengan nama leedonghaeshuohyukjaenihaowodeai itu menjelaskan, orang-orang langsung berteriak-teriak. Begitu juga dia. Tidak cukup berteriak, dia menyerondol orang-orang di depannya untuk bisa sampai di ujung jembatan secepatnya. ”Saya sangat ketakutan,” tulisnya.

Jembatan kaca tersebut baru dibuka pada 20 September lalu dan diharapkan mampu menarik banyak turis. Titian dengan bentang jalan antartebing sepanjang 260 meter itu memang menawarkan sensasi deg-degan.

[NEXT-FAJAR]

Pengelola taman pada Selasa (6/10) mengungkapkan, area tersebut langsung ditutup setelah adanya retakan untuk memastikan keselamatan seluruh pengunjung. Setelah dilakukan pemeriksaan, memang ada retakan kecil. Pakar keselamatan dikerahkan untuk mengetahui penyebabnya.

Berdasar hasil penyelidikan awal, keretakan itu disebabkan tekanan benda tajam dari luar. Kemungkinan adalah gelas stainless steel milik pengunjung yang jatuh. Tapi pihak pengelola memastikan, hal itu tidak berbahaya. Sebab, permukaan jembatan tersebut terbuat dari tiga lapis panel kaca khusus yang keras.

Bahkan setiap satu meter persegi mampu menahan beban 800 kilogram. ”Retakan itu hanya di permukaan pertama dan tidak akan mengancam keselamatan,” ujar pengelola Yuntaishan Scenic Park.

Mereka menegaskan, area wisata tersebut ditutup sementara hingga kaca yang retak itu diganti. Pengelola bersikukuh bahwa hal seperti itu sudah biasa terjadi di tempat-tempat wisata lain di seluruh dunia yang me­nawarkan uji nyali berjalan di lantai kaca. Termasuk di antaranya retakan di Tower Bridge London pada 2014. (AFP/My Fox 8/sha/c14/ami/jpnn)

Click to comment
To Top