Penurunan Solar Tarik Turun Harga Semen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Penurunan Solar Tarik Turun Harga Semen

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Penurunan harga BBM jenis solar, sebesar Rp200, dinilai berpengaruh terhadap sektor jasa transportasi. Khususnya barang-barang yang diantarpulaukan, seperti semen. Meskipun, kalangan usaha yang terkait dengan sektor ini merasa pengaruhnya belum besar.

Salah satu industri yang merasakan dampaknya adalah PT Semen Bosowa Maros. “Kalau di sektor industri semen, penggunaan bensin kita cuma di alat berat. Selebihnya sewa alat transportasi, hingga angkutan kapal,” jelas Corporate Communication Bosowa, Ramli Manong, Kamis 8 Oktober 2015.

Menurut dia, penurunan BBM yang cuma Rp200, tidak terlalu berpengaruh besar terhadap penjualan semen. “Pengeluaran operasional untuk solar alat berat itu tidak terlalu besar jika dibanding biaya lain,” jelas dia.

Namun, Ramli memprediksi, penurunan itu membawa dampak lumayan untuk harga-harga semen yang dikirim melalui angkutan laut. Karena, kapal-kapal menghabiskan lebih banyak solar.

[NEXT-FAJAR]

“Pengaruhnya mungkin ke beberapa daerah yang kita suplai semen Bosowa, seperti di Jakarta, Batam, Papua, Kaltim, Kendari, dan Sulut,” jelas dia. Ramli belum tahu seberapa besarnya.

Hal ini mengingat, persoalan transportasi itu diurus perusahaan-perusahaan distributor semen.(sbi/wik)

 

loading...
Click to comment
To Top