Pertengah Oktober, Pemkot Salatiga Salurkan Rastra – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Pertengah Oktober, Pemkot Salatiga Salurkan Rastra

SALATIGA – Para penerima beras jatah khususnya untuk rakyat miskin (raskin) yang sekarang berganti dengan sebutan beras sejahtera (rastra), dilarang untuk dijual kepada warga lain ataupun tengkulak. Rastra ini intinya untuk membantu warga miskin dalam memenuhi kebutuhan pangan. Sedangkan tujuan program rastra, mengurangi beban pengeluaran rumah tangga sasaran (RTS) dalam memenuhi sebagian kebutuhan pangan beras. Demikian diungkapkan Roch Hadi, Kabag Perekonomian Pemkot Salatiga kepada wartawan, Kamis (8/10).

“Sesuai dengan Pedoman Umum (Pedum) Rastra, tujuan program rastra itu untuk mengurangi beban pengeluaran RTS melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan beras. Jika memang beras tersebut dijual, RTS akan mengeluarkan biaya yang lebih tinggi dalam memenuhi kebutuhan pangan. Untuk itu, kami tegaskan bahwa RTS dilarang menjual beras rastra kepada orang lain,” tandas Roc Hadi.
Ditambahkan, dalam Pedum Rastra tahun 2015, bahwa manfaat program rastra itu untuk meningkatkan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga sasaran (RTS) dan penanggulangan kemiskinan. Dari sini, ketahanan pangan RTS tetap terjaga. Terkait dengan penyaluran rastra di Salatiga, sejauh ini penyalurannya telah berjalan baik dan tidak ada kendala di lapangan. Bahkan, jika beras yang disalurkan itu tidak layak konsumsi maka akan diganti oleh Pemkot Salatiga.
“Pesan kami kepada RTS, jika memperoleh beras yang kurang baik, untuk secepatnya memberitahukan atau melaporkannya ke Satgas Rastra untuk segera dilakukan penggantian,” kata mantan Kabag Kerjasama Pemkot Salatiga.
Lebih lanjut dikatakan, bahwa Pemkot Salatiga akan menyalurkan Rastra ke 13 kepada RTS penerima manfaat, dalam dua tahap, pada Senin – Selasa (19-20/10) mendatang. Pemkot Salatiga sebelum menyalurkannya, lebih dulu akan melakukan pemeriksaan beras di gudang Bulog Bawen, Kabupaten Semarang.
“Langkahnya ini, agar dapat diketahui beras yang akan disalurkan tersebut kondisinya baik atau tidak,” ujar Roch Hadi.
Sementara, Kabag Humas Pemkot Salatiga Adi Setiarso SE menambahkan, bahwa Rastra ke 13 itu nantinya disalurkan kepada 6.440 Kepala Keluarga (KK) RTS. Untuk kuota berasnya sebanyak 96,6 ton per bulan dan masing-masing KK RTS akan menerima jatah sebanyak 15 kg, per kilogramnya senilai Rp 1.600. (hes)

To Top