Rumit, DPR Didesak Buat Aturan Soal Dana Talangan Haji – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Rumit, DPR Didesak Buat Aturan Soal Dana Talangan Haji

SEMARANG, RAJA – Badan Legislasi (Baleg) DPR RI didesak untuk membuat aturan terkait dana talangan haji. Pasalnya, dana yang diberikan oleh perbankan tersebut dinilai menjadi persoalan makin lama dan tingginya daftar tunggu (waiting list) keberangkatan calon jamaah haji.

“Saat ini tidak ada aturan tentang itu. Maka tidak aneh jika waiting list-nya keberangkatan calon jamaah haji di Jateng bisa mencapai 20 tahun,” kata M Aris, Kabag Agama Biro Bina Mental Setda Provinsi Jateng disela-sela forum penyerapan aspirasi oleh Tim Baleg DPR RI di Gedung A Lantai II Setda Provinsi Jateng, Rabu (7/10).

Aris menambahkan bahwa dana talangan haji menjadi persoalan yang serius dan harus ada aturan yang jelas agar tidak menjadi kendala bagi masyarakat yang akan mendaftar haji. Usulan tersebut juga sama disampaikan oleh Pengurus Muhammadiyah Jateng, agar dana tersebut dihilangkan. “Sebenarnya bagus, tapi menyulitkan masyarakat. Baru mendaftar terpaksa harus mau dan bersedia menunggu sekian tahun. Begitu masuk daftar, fisiknya sudah tidak memungkinkan untuk berangkat,” tambah Musman Tholib Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadyah Jateng.

Selain soal dana talangan haji, juga disinggung tentang pengelolaan dana setoran awal haji. Karena selama ini di Indonesia tidak ada aturan yang jelang tentang pengelolaan dan penggunaannya, padahal nominal awal setorannya sangat besar. Sebagai pembanding, di Malaysia, dana setoran awal dikelola untuk kegiatan usaha syari dan hasilnya digunakan untuk kepentingan haji. (ENC)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top