Warga Dilibatkan TMMD di Batang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Warga Dilibatkan TMMD di Batang

BATANG – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung II Tahun Anggaran 2015 di Desa Candirejo Kecamatan Bawang Kabupaten Bateng resmi dimulai Kamis (8/10) melalui upacara yang bertempat di lapangan desa setempat. Peresmian ini dilakukan oleh Komandan Kodim 0736 Letkol Inf Andiek Prasetyo Awibiwo, SIP yang bertindak selaku inspektur upacara dengan pemukulan kentongan.

Peresmian dimulainya TMMD ini disaksikan Kapolres Batang, Wakil Bupati Batang, anggota DPRD, Kepala Kejaksaan, Kepala Pengadilan Negeri, Ketua FKPPI, para Kapolsek, Danramil, anggota veteran dan tamu undangan lainnya. Pembukaan ini serentak dilakukan di semua 61 daerah di Jawa Tengah yang mendapat program bantuan TMMD.
Sambutan KSAD Jenderal Mulyono dibacakan oleh Dandim 0736/Batang, intinya mengajak semua ikut mensukseskan Tri Sukses TMMD yaitu sukses dalam penyelenggaraan, sukses memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat dan sukses mewujudkan desa siaga.
Antusiasme masyarakat tetap antusian seperti hari-hari sebelumnya. Bisa dikatakan seluruh warga desa Candisari mengikuti jalannya upacara dari awal sampai akhir. Tak ketinggalan pentas seni rakyat digelar sebagai suguhan tamu dan acara hiburan seusai upacara ang dimainkan oleh tua muda, laki-laki perempuan yang menari rancak menggambarkan etos semangat kerja pantang menyerah.
Dalam kesempatan terpisah Dandim mengatakan target TMMD kali ini yang meliputi pembuatan jalan telford sepanjang 990 meter dan pembuatan tanggul penahan 225 meter akan mudah dicapai karena bantuan warga yang ikut gotong royong juga karena sebelumnya sudah diadakan pra TMMD sehingga tinggal meneruskan kekurangannya saja.
Sasaran non fisik juga sudah mulai dilaksanakan hari ini (Kamis) yaitu dari FKPPI yang memberikan pelayanan cek darah gratis. Sedangkan untuk sasaran non fisik lainnya seperti Penyuluhan kesehatan dan Keluarga Berencana, penyuluhan bahaya HIV/AIDS, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan Perikanan, Kamtibmas, Bela Negara, Perpajakan, UU Pernikahan dan keagamaan akan menyusul.
Kepala Desa Candisari, Achmad Musafak siap mengerahkan warganya untuk berperan aktif. “Jadwal giliran kerja bakti tiap-tiap RT sudah kami buat dengan cara bergantian pagi dan sore. Ada 13 RT yang kami libatkan dan bergiliran. Tanpa kami paksa tiap RT mengeluarkan sekitar 30-40 orang,” kata Musafak. (feb)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top