42 Mesin Tanam Padi Digelontorkan di Demak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

42 Mesin Tanam Padi Digelontorkan di Demak

DEMAK – Ditjen PSP (Prasarana dan Sarana Pertanian) dari Kementrian Pertanian memberikan bantuan sebanyak 42 unit mesin penanam padi di Kabupaten Demak, Jumat (9/10/2015). Kasi Pemasaran Pascapanen, Dinas Pertanian Kabupaten Demak Bambang Pramono menjelaskan, mesin-mesin tersebut nantinya akan didistribusikan ke 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Demak.

“Jadi, bantuan mesin-mesin pertanian ini bertujuan untuk mendukung program khusus, percepatan produksi pertanian di Kabupaten Demak. Sebelumnya, Kabupaten Demak juga telah mendapatkan bantuan mesin-mesin pertanian, seperti traktor roda dua maupun roda empat, mesin pemanen, serta mesin tanam,” jelasnya di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Demak, Jumat (9/10/2015).
Bambang Pramono mengatakan, pendistribusian mesin-mesin tanam padi tersebut akan diserahkan kepada kelompok tani yang ada di tiap kecamatan. Dalam satu kelompok, biasanya terdiri dari sekitar 25 petani. “Ini adalah untuk mendukung peningkatan panen, terutama pajale (padi, jagung, dan kedelai).”
Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Demak Ahmad Nur Hidayat menambahkan, bantuan berupa mesin-mesin pertanian itu adalah untuk menggantikan tenaga petani yang mulai berkurang. Dengan begitu, pekerjaan petani akan lebih ringan dan mereka tetap semangat untuk menjadi petani.
“Sekarang ini kan mencari tenaga petani itu sulit. Saat memasuki masa tanam maupun panen, itu menunggu lama untuk bergiliran. Jadi, pemerintah memberikan bantuan berupa mesin-mesin ini agar petani bisa lebih enak,” ujarnya. (Sof)

loading...
Click to comment
To Top