Ini Jawaban Soeprapto Soal Penolakan Demokrat Reklamasi CPI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Ini Jawaban Soeprapto Soal Penolakan Demokrat Reklamasi CPI

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Fraksi Demokrasi DPRD Sulsel yang menolak reklamasi Center Point of Indonesia (CPI) ditanggapi datar penanggung jawab CPI, Soeprapto. Kepada FAJAR.CO.ID sesaat lalu, mantan Kadis PSDA Sulsel itu mengaku tidak perlu banyak menanggapi penolakan tersebut.

Bagi dia, proyek itu sudah termuat dalam perda reklamasi dan sejauh ini tidak ada persoalan. “Perda itu dibuat dengan tentu ada kajian terlebih dulu. Ini sudah diatur dalam perda. Ya, kita patuhi aturan saja,” ujar Soerapto.

Soal pemanfaatan lahan reklamasi, menurutnya juga ada aturan soal itu. Baik pembagian dan peruntukannya. Sebelumnya, Fraksi Partai Demokrat DPRD Sulsel mengeluarkan sikap tidak akan menyetujui proyek yang terletak di kawasan Tanjung Bunga Makassar tersebut.

[NEXT-FAJAR]

Ketua Fraksi Demokrat Sulsel, Selle KS Dalle mengatakan sikap tegas mereka tidak memberi persetujuan di parlemen. “Sepanjang pemanfaatan lahan di kawasan CPI demi kepentingan publik kami setuju, termasuk Wiswa Negara. Namun kalau sudah masuk kepentingan bisnis, saya tak akan pernah setuju,” ujar Selle di ruang fraksi Demokrat DPRD Sulsel, Jumat 9 Oktober.

Selle yang juga anggota Komisi D DPRD Sulsel itu mengingatkan semua pihak bila hingga saat ini belum ada izin Kementerian Kelautan soal penimbunan laut dan reklamasi. Selain itu, belum pernah ada persetujuan DPRD Sulsel soal objek yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga yang membebani masyarakat dan daerah. “Itu wajib mendapat persetujuan DPRD Sulsel,” katanya.

Penjelasan Selle juga dibenarkan enam legislator Demokrat lainnya, Andi Endre Mallanti Cecep Lantara, Haidar Majid, Nupri Basri, Fadriati, Syahrir dan Surya Boby yang siang tadi membahas khusus soal CPI tersebut. (iad)

 

Click to comment
To Top