Mantap..! Anggaran Budidaya Rumput Laut Naik 95 Persen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Mantap..! Anggaran Budidaya Rumput Laut Naik 95 Persen

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti bakal fokus mengembangkan budidaya rumput laut di Indonesia. Karena itu, Susi akan menaikkan anggaran untuk budidaya rumput laut tahun depan. Tak main-main, jumlahnya mencapai 95 persen dibanding anggaran tahun ini.

“Jumlah anggaran Ditjen Perikanan Budidaya untuk budidaya rumput laut pada tahun 2015 KKP sebesar Rp 40 miliar dan tahun depan (2016) kami anggarkan Rp 330 miliar khusus untuk rumput laut saja,” ujar Susi di kantornya, Jakarta, Jumat (9/10).

Menurut Susi, nominal itu cukup masuk akal karena Indonesia saat ini menguasai 50 persen produk rumput laut. Potensi tersebut, sambungnya, sayang jika tidak dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Berbagai produk seperti kosmetik, sabun, obat dan makanan nantinya bisa dihasilkan dari rumput laut.

“Seperti kita tahu bahwa rumput laut Indonesia jumlahnya ada 555 jenis dan Indonesia kuasai 50 persen produk rumput laut dunia. Potensi lahan rumput laut juga cukup besar ada potensi 12,1 juta hektare dan baru 2,68 persen yang dimanfaatkan. Produksi rumput laut basah ada 10,2 juta ton 2014,” papar dia.

Nantinya, sebagian anggaran tersebut bakal digunakan untuk membangun pabrik rumput laut. “Sebesar Rp216 miliar untuk pembangunan 8 unit gudang rumput laut dan 10 pabrik rumput laut,” tandas menteri asal Pangandaran ini. (chi/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top