Peringati Hari Kesehatan Gigi Nasional, FKG Unhas Gelar Baksos – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Kesehatan

Peringati Hari Kesehatan Gigi Nasional, FKG Unhas Gelar Baksos

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dalam rangka hari kesehatan gigi nasional, fakultas kedokteran gigi Unhas Makassar menggelar bakti sosial (baksos) di Balai Kesehatan Gigi, Jumat 9 Oktober. ‎Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal MI.

Baksos yang digelar selama tiga hari tersebut disambut sangat antusias oleh lapisan masyarakat Kota Makassar. Bahkan dihari kedua, telah melayani lebih dari seribu pasien yang ditangani oleh 500 tenaga medis.

Penanganan kesehatan gigi gratis seperti penyuluhan dan edukasi tentang pentingnya kesehatan gigi, beberapa jenis pengobatan,pencabutan gigi, pembersihan karang gigi, penambalan gigi, dan juga pencegahan gigi berlubang pada anak-anak.

Melihat antusias masyarakat, Syamsu Rizal meminta kesediaan pihak FKG Unhas untuk menggelar kegiatan serupa dengan bekerja sama dengan pihak pemerintah dan juga swasta, agar masyarakat dapat mendapatkan pelayanan kesehatan gigi lebih merata.

“Kegiatan seperti ini memiliki dampak pada berbagai aspek, diantaranya dapat memberikan kesempatan pengobatan lebih merata kepada masyarakat, sehingga patut dijadikan sebagai salah satu kegiatan rutin tahunan di pemerintahan kota Makassar, dengan mengandeng pihak swasta,” tambahnya.

Apalagi pelayanan yang diberikan terbilang maksimal, meskipun diberikan secara gratis namun alat yang digunakan dalam pelayanan adalah alat-alat canggih, dan terupdate. Masyarakat diberi perlakukan sama antara pelayanan gratis maupun berbayar.

Kesadaran akan pentingnya pemeliharaan gigi pun ditekankan oleh Deng Ical, demi peningkatakn produktivitas kerja.

Sementara itu, Dekan FKG Unhas, Baharuddin Thalib, mengungkapkan sangat mengapresiasi keinginan wakil wali kota Makassar, menjadikan pelayanan kesehatan gigi gratis kepada masyarakat sebagai agenda tahunan pemerintah kota,  demi memaksimalkan layanan kepada masyarakat.

“Tentu disambut baik jalinan kerjasama yang ditawarkan, mengingat masyarakat Sulawesi Selatan masih berada pada peringkat tinggi dengan keluhan penyakit gigi seperti karies,” ujarnya.

Sedangkan untuk FKG Unhas sendiri, kegiatan serupa ini telah memasuki tahun ke enam, dan mendapatkan antusias yang sangat besar dari masyarakat setiap tahunnya. Menurutnya, terpenting adalah menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.
“Kita berharap hingga hari ketiga dapat melayani 3000an pasien,” tambahnya. (lin)
loading...
Click to comment
To Top