BANGGA! TNI Makin Dipercaya dan Diperhitungkan Dunia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

BANGGA! TNI Makin Dipercaya dan Diperhitungkan Dunia

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Survei terbaru IndoBarometer beberapa waktu lalu seolah menjadi kado indah bagi TNI yang baru saja menginjak usia ke-70. Berdasarkan survei terhadap 1200 responden di 34 provinsi pada 14-22 September lalu, tingkat kepercayaan publik terhadap TNI ternyata sangat tinggi.

TNI mendapat tingkat kepercayaan hingga 81 persen. Posisi itu hanya bisa dikalahkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan tingkat kepercayaan 82 persen. Direktur Eksekutif IndoBarometer, M Qodari mengatakan, tingginya kepercayaan publik terhadap TNI tak terlepas dari reformasi internal yang terus berjalan.

“Ini pandangan publik,” katanya seperti dikutip Rakyat Merdeka Online.

Selain itu, katanya, publik juga sudah melupakan isu-isu yang selama ini melekat pada TNI. Misalnya, soal pelanggaran hak asasi manusia (HAM), Dwi Fungsi ABRI, ataupun TNI sebagai alat kekuasaan. “Jadi persoalan yang selama ini menjadi kesan negatif sudah tidak ada lagi. Isu-isu besar TNI terkait dengan kesan di masyarakat sudah selesai,” katanya.

Terpisah, politikus PDI Perjuangan Maruarar Sirait mengatakan, tingginya tingkat kepercayaan publik terhadap TNI tentu patut diapresiasi. Menurut anggota DPR itu, kini TNI memang memunculkan wajah yang ramah di hadapan masyarakat.

[NEXT-FAJAR]

Bahkan, kata Maruarar, di wilayah Subang, Majalengka dan Sumedang yang menjadi daerah pemilihannya, TNI turun aktif di tengah-tengah masyarakat untuk menggenjot produksi pangan. “Prajurit TNI ikut serta bersama dengan rakyat mewujudkan swasembada pangan dengan mengoptimalkan lahan yang dimiliki TNI, baik di batalion-batalion maupun satuan lain agar ditanami sayuran atau dibuat kolam ikan,” katanya.

Di luar itu, katanya, TNI yang kini dibawah komando Jenderal Gatot Nurmantyo juga semakin antisipatif dengan potensi ancaman terhadap NKRI. Misalnya, dengan mengantisipasi ancaman peperangan asimeterik, perang urat syaraf  (psywar) hingga peperangan di dunia maya atau cyber war.

“Waktu ulang tahun TNI kemarin, bisa kita lihat kesiapan TNI dalam menjaga pertahanan dan keamanan negara. TNI kita bahkan masuk dalam 12 besar militer yang diperhitungkan di dunia,” ungkap Maruarar. (ara/JPG)

loading...
Click to comment
To Top