Diminta Untuk Cermat, Panwaslu Sebut Sudah Fokus – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Diminta Untuk Cermat, Panwaslu Sebut Sudah Fokus

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Permintaan kepada Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) untuk lebih cermat terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 9 desember mendatang, ditanggapi santai pihak Panwaslu setempat.

Divisi Pengawasan Panitia Pengawas Pemil (Panwaslu) Bulukumba, Ambo Radde mengatakan, untuk mengantisipasi adanya pemilih ganda pihaknya fokus pada pencermatan DPT. Bahkan telah melakukan pertemuan dengan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk membahas hal tersebut.

Hanya saja fokus yang dilakukan hanya lintas TPD di desa/kelurahan. Pihaknya optimistis bisa melakukan pencermatan hingga 100 persen ke seluruh TPS. “Sudah pertemuan dan kita sudah bagikan format untuk itu ke Panwascam.

Caranya kita menelusuri di meja dan ada faktual ke bawah. Tapi kita hanya bisa fokus lintas TPS di desa dan kelurahan, kalau lintas kecamatan sepertinya sebulan tidak cukup,” katanya, sabtu 10 Oktober.

[NEXT-FAJAR]

Sementara, Divisi Hubungan Masyarakat, Data Informasi dan Antar Lembaga KPUD Bulukumba, Awaluddin mengatakan, perjalanan data telah dijelaskan pihaknya saat pleno terbuka sebelum penetapan DPT.

Tidak mutlak penambahan data hanya dari pemilih pemula namun ada mutasi penduduk, terjadi penambahan dan pengurangan, serta pemilih yang sebelumnya belum terdaftar baru didaftar dan mendata yang sudah meninggal.

“Masa saya jelaskan dari 30 ribu lebih itu atas nama ini dan ini. Ini ada proses perjalanan data, berapa pengurangan dan penambahan. Harusnya konfirmasi ke KPU, sudah dijelaskan ini dirapat pleno seperti ini modelnya,” jelasnya. (taq)

loading...
Click to comment
To Top