Hutan Adalah Aset, Jangan Biarkan Habis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Hutan Adalah Aset, Jangan Biarkan Habis

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) mengklaim sepenuhnya mendukung penegakan hukum yang dilakukan pemerintah terhadap pelaku pembakaran hutan.

Menurut anggota APHI bidang Hukum dan Humas, Yuki Wardhana, tidak ada yang menghalangi langkah hukum jika ada yang melanggar aturan.

“Kami melihat konteksnya dulu. Tentunya, kami mendukung penindakan terhadap orang-orang yang sengaja melakukan pembakaran hutan, karena ini bencana buat kami juga,” ujar Yuki dalam diskusi ‘Asap Makin Pekat, Pembakar Kita Sikat’ di Jakarta, Sabtu (10/10).

Yuki mengaku, pengusaha juga dirugikan dengan adanya bencana asap tersebut. Karena itu, langkah penegakan hukum dianggapnya sudah tepat.

“Hutan adalah aset bagi kami, itu bahan baku bagi industri hilir. Itu sama dengan kami bakar gudang kami sendiri,” imbuhnya.

Sejak ada kebakaran dan asap beberapa bulan lalu, Yuki mengklaim, pengusaha HTI pada umumnya sudah tidak membuka lahan lagi. Terutama yang berada di wilayah Sumatera. Namun, jika memang ada yang melanggar hukum, ia mempersilakan pihak kepolisian untuk menindaklanjutinya.

“Umumnya mereka tidak buka lahan lagi. Mereka upayakan tanaman-tanaman yang ada. Jadi tidak ada pembukaan hutan baru lagi,” tandas Yuki. (flo/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top