Kompak! DPR Ingin Tetapkan Masalah Kabut Asap jadi Bencana Nasional – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Kompak! DPR Ingin Tetapkan Masalah Kabut Asap jadi Bencana Nasional

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Usulan agar masalah kabut asap menjadi bencana nasional terus bergulir. Kali ini, Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron ikut mendesak pemerintah agar segera menjadikan masalah kabut asap yang melanda pulau Sumatera dan Kalimantan sebagai bencana nasional.

“Kami (DPR) sudah sepakat agar masalah asap ini jadi bencana nasional,” ujar politikus yang membidangi pertanian dan kehutanan itu di Jakarta, Sabtu (10/10).

Politikus Partai Demokrat itu menuturkan, masalah asap ini sudah menjadi kejahatan luar biasa. Karenanya, upaya untuk mengatasinya juga harusnya secara nasional. “Mulai dari biaya yang dikeluarkan negara hingga sumber daya yang dikerahkan pemerintah ini sudah nasional,” tuturnya.

Herman menambahkan,  dampak kabut asap juga sudah meluas. Tidak hanya warga negara Indonesia yang menjadi korban, melainkan hingga mancanegara.  “Dampaknya sudah lintas negara hingga Singapura, Malaysia, dan Thailand,” sambungnya.

Selain itu, katanya, dampak kabut asap bagi masyarakat bukan hanya dari masalah kesehatan. Sebab, aktivitas perekonomian pun ikut kena imbasnya.

“Karena akses transportasi hingga airport (bandara) ditutup. Knak sekolah juga harus terpaksa dihentikan kegiatan belajar-mengajarnya, dan masih banyak lagi dampaknya,” paparnya.

Untuk itu, sambung Herman, pemerintah harus menanggapi kejadian asap ini secara serius dan jadikan bencana nasional. “Dan presiden harus ambil alih komando untuk mengatasi masalah ini. Agar seluruh stakeholder dan sektoral dapat menangani ini dengan baik,” pungkasnya. (rka/JPG)

loading...
Click to comment
To Top