Panwaslu Diminta Cermati DPT – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Panwaslu Diminta Cermati DPT

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA –  Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Bulukumba, meminta kepada Pantia Pengawas Pemilu (Panwaslu), untuk mencermati Daftar Pemilih Tetap. Apalagi terjadi penambahan DPT hingga 11 persen atau 30.527 pemilih dari DPT Pilpres tahun 2014 yang lalu yang hanya 335.463 naik menjadi 365.990 pemilih.


Aktivis Kopel, Bakri Abubakar mengatakan, peningkatan DPT cukup signifikan dari data sebelumnya padahal dari sebagian daerah di Sulsel ada DPT yang menurun dan meningkat tapi tidak sesignifikan seperti pemilih di Bulukumba. Menurutnya ini patut dipertanyakan, terlebih sebelumnya banyak calon yang protes terkait DPT yang dinilai bermasalah. 

Menurutnya, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bulukumba harus menjelaskan ke publik terkait penambahan tersebut, dari mana saja. Pasalnya penambahan ini tidak realistis jika hanya dari pemilih pemula. “Masa di tahun 1997 sampai 1998 kelahiran sampai puluhan ribu di Bulukumba. Padahal data kelahiran di Dinas Kesehatan hanya sekitar 7.000 sampai 8.000 orang pertahunnya,”katanya, Sabtu 10 Oktober. (taq)

Click to comment
To Top