Pemerintah Salah Urus Ekonomi ! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Pemerintah Salah Urus Ekonomi !

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Mantan Menteri Koperasi Subiakto Tjakrawerdaya menilai, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) dinilai salah dalam mengelola sektor perekonomiaan nasional.

Akibatnya, Indonesia terkena imbas pelemahan ekonomi global. Padahal, program Nawacita yang diusung Jokowi-JK sebenarnya bagus untuk membangun bangsa jika dijalankan dengan baik.

“Menurut saya yang jadi masalah besar adalah globalisasi itu. Kita belum siap, kemandirian ekonomi kita belum ada. Krisis ini seharusnya bisa dijadikan momentum untuk memperbaiki kemandirian. Kita punya masalah serius di bidang pangan dan energi,” kata Subiakto, Jumat (9/10).

Menteri Kabinet Pembangunan periode 1993-1998 itu memastikan, akibat dari kesalahan yang ada, Indonesia belum siap menghadapi era pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean yang mulai berlaku akhir 2015 nanti. Ketidaksiapan antara lain dalam masalah kemandirian ekonomi, baik pada sektor pangan, energi, industri, sampai sektor terkecil di pedesaan.

“Untuk menjaga harga pangan, Bulog itu harus diberi kewenangan yang kuat. Alasan mafia-mafia itu sudah basi, mafia sudah ada dari zaman dulu,” tegas Subiakto. (wah)

Click to comment
To Top