Produksi Semangka Bisa Tutupi Kerugian Petani – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Produksi Semangka Bisa Tutupi Kerugian Petani

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA – Kerugian yang dialami petani padi selama kemarau ternyata dapat ditutupi dengan beralih jenis tanaman alternatif seperti semangka. Seperti yang dilakukan petani di Desa Bialo, Kecamatan Gantarang kabupaten Bulukumba.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Holtikultura Kabupaten Bulukumba, Ir. Harun belum lama ini mengungkapkan, penanaman tanaman holtikultura seperti semangka di Desa Bialo Kecamatan Gantarang diharapkan bisa mengobati kekecewaan petani karena hasil panen yang kurang memuaskan.

“Ini tanaman alternatif saat kemarau karena tidak membutuhkan banyak air. Usia panennya juga tidak terlalu mahal, dan harga jualnya juga cukup tinggi. Insya Allah, kalau ini ditekuni bisa menutupi kerugian petani yang padinya gagal panen,” terangnya, Sabtu 10 Agustus.

 

[NEXT-FAJAR]

Sementara itu, Kepala Desa Bialo, Agusriadi Maula, mengungkapkan, luas areal penanaman semangka tahun ini di desanya di prediksi berkurang. Jika tahun lalu luas areal penanaman semangka 10 hektare maka tahun ini di prediksi hanya 9 hektare saja.

“Pemicunya adalah berkurangnya debet air pada irigasi persawahan warga karena musim kemarau yangpanjang ini,” kata dia.

Dia menjelaskan, pendapatan warganya pada saat menanam semangka minimal Rp 13 juta per tahun, dan masa tanamnya hanya tiga bulan sudah bisa dipanen. Hal tersebut yang menjadi alasan warga yang tetap menanam semangka tahun ini meski debet air di desanya mulai berkurang. (taq)

 

To Top