PPP Minta Kejujuran PDIP – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

PPP Minta Kejujuran PDIP

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sikap saling curiga anggota DPR RI terkait siapa pengusul pasal kontroversial di draf rancangan undang-undang (RUU) mulai terjadi.

Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengaku akan meminta konfirmasi ke Fraksi PDIP, siapa pengusul pasal-pasal kontroversial. Salah satunya terkait pembatasan usia KPK yang hanya 12 tahun.

“Kami akan tanyakan ke PDIP apakah itu yang dimaksud drafnya,” ujar Juru Bicara PPP Arsul Sani di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (9/10).

PPP juga akan meminta kejujuran PDIP ada lambang kepresidenan dalam draf revisi UU KPK.

‎”Kita lihat sebetulnya dari siapa. Karena lihat di kopi ada lambang kepresidenan. Ini belum jelas draf siapa,” sebutnya.

Soal pembatasan usia 12 tahun itu, PPP mengaku tidak setuju.‎ Kalaupun ingin dibatasi, ada dua cara yang perlu ditentukan
‎”PPP gak setuju itu dipatok 12 tahun. Kalaupun dipatok, tentukan sampai kapan, ada dua cara, kualitatif dan kuantitatif,” tutur Arsul.

‎Lebih lanjut dia menjelaskan, kualitatif diukur dari indeks korupsi. Sementara untuk kuantitatif, perlu diberikan waktu seperti yang disebutkan pada draf tersebut.

“Nah, yang diinginkan PPP ada ayat tambahan. Bahwa, dalam hal jangka waktu akan berakhir, jikalau Presiden memandang KPK masih diperlukan, perlu perpanjangan waktu, ” imbuhnya.

Menurut Arsul, cara untuk perpanjangan usia melalui UU atau peraturan pemerintah. “‎Tapi yang paling praktis saya kira peraturan pemerintah,” ucap anggota komisi III DPR itu.

Sementara itu dia menjelaskan bahwa saat ini draf tersebut masih sebatas usulan sepihak. Belum merupakan draf usulan yang akan diharmonisasikan di Badan Legislatif. (dna/JPG)

loading...
Click to comment
To Top