Akademisi Unhas Jadi Anggota Dewan Riset Nasional, Ini Tugas Pokoknya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Akademisi Unhas Jadi Anggota Dewan Riset Nasional, Ini Tugas Pokoknya

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-–Akademisi Unhas Dr Eng Ir Zulfajri Basri Hasanuddin, M.Eng menjadi satu-satunya wakil Indonesia Timur yang dipilih oleh Menristekdikti menjadi anggota Dewan Riset Nasional periode 2015-2018. Ini adalah periode kedua dimana periode sebelumnya 2012-2014 juga menjadi anggota Dewan Riset Nasional. Berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 521/M/Kp/IX/2015 tentang penetapan anggota dan fokus tugas Dewan Riset Nasional Periode 2015-2018, dosen teknik elektro Unhas ini berada di komisi teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Adapun keanggotaan Dewan Riset Nasional berjumlah 64 orang yang terdiri dari kalangan perguruan tinggi, dunia usaha dan lembaga litbang pemerintah yang dibagi kedalam 8 komisi teknis, yaitu Komisi Teknis Pangan dan Pertanian, Komisi Teknis Energi, Komisi Teknis Transportasi, Komisi Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Komisi Teknis Pertahanan dan Keamanan, Komisi Teknis Kesehatan dan Obat, Komisi Teknis Material Maju, dan terakhir Komisi Teknis Sosial Humaniora. Demikian rilis yang diterima FAJAR.CO.ID, Senin 12 Oktober.

Zulfajri Basri Hasanuddin mengatakan, adapun tugas yang diamanahkan kepadanya bersama seluruh anggota DRN antara lain; merumuskan dan mengevaluasi pelaksanaan Agenda Riset Nasional (ARN).

Memberikan pertimbangan kepada Menteri dalam perumusan arah dan prioritas utama pembangunan IPTEK. Memberikan berbagai pertimbangan kepada Menteri dalam penyusunan dan pelaksanaan Kebijakan Strategis Nasional IPTEK, Sistem Inovasi Nasional (SINas), dan Kebijakan Strategis IPTEK lainnya. Melaksanakan pemantauan perkembangan IPTEK dan kebutuhan IPTEK untuk pembangunan.

“Tugas lain, menjalin hubungan kemitraan dengan Dewan Riset daerah (DRD) dan Dewan-Dewan sejenis di tingkat Nasional maupun Internasional. Pengukuhan anggota Dewan Riset Nasional periode 2015-2018 telah dilakukan pada tanggal 1 Oktober 2015 yang lalu di Jakarta,” bebernya.

Pada periode sebelumnya, selain menyumbangkan pikiran dan gagasan pada setiap pertemuan, ia juga sudah berkontribusi menyumbangkan 2 buah tulisan pada buku Kebijakan Riset-IPTEK-Inovasi dan buku Bunga Rampai Pemikiran Anggota Dewan Riset Nasional yang diterbitkan oleh Dewan Riset Nasional masing-masing pada tahun 2013 dan 2014.

Menurutnya, saat ini ia sedang mencari waktu yang tepat untuk melaporkan perihal pengangkatan dan pengukuhannya sebagai anggota Dewan Riset Nasional periode 2015-2018 kepada Rektor Unhas Prof. Dwia Aries Tina. Insha Allah dalam waktu yang dekat, tutupnya. (fajar.co.id/aci)

Click to comment
To Top