Cegah Pembakaran Hutan, Polisi Bersepeda Gunung untuk Patroli – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Cegah Pembakaran Hutan, Polisi Bersepeda Gunung untuk Patroli

KENDAL, RAJA – Berbagai cara dilakukan untuk mencegah pembalakan liar dan pembakaran hutan. Salah satunya seperti yang dilakukan jajaran Polsek Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah, yang melakukan patroli menyusuri hutan dengan menggunakan sepeda gunung.

Medan curam dan terjal menjadi salah satu alasan, Polsek Kaliwungu Kendal mengandalkan sepeda gunung untuk menjangkau lokasi yang terpencil dan rawan pencurian kayu serta pembakaran hutan. Pasalnya, kendaraan roda empat atau sepeda motor sulit menempuh jalur ini.

Bersama dengan komunitas sepeda gunung, jajaran Polsek Kaliwungu Kendal, menyusuri wilayah perbukitan dan hutan di wilayah Darupono hingga Jerukgiling. Medan terjal yang kerap dijadikan rute para pelaku pembalakan liar menjadi lokasi patroli.

“Meski harus melewati turunan dan tanjakan curam, jajaran Polsek Kaliwungu tetap bersemangat melakukan patroli ini,” kata AKP Setya Nugraha, Minggu (11/10).

Setya mengatakan, selama menyusuri hutan yang meranggas karena musim kemarau, petugas melakukan pembinaan kepada warga yang mencari kayu di hutan untuk bersama-sama menjaga dan tidak melakukan pencurian kayu. Selain itu, petugas juga memberikan arahan akan bahaya kebakaran hutan.

“Kegiatan rutin ini juga untuk menjaga kebugaran tubuh para anggota dengan bersepeda,” ujar dia.

Menurut Setya, selama perjalanan, pihiaknya juga menemukan banyak sisa pembakaran yang dilakukan warga untuk membuka lahan. Untuk itulah, Setya menambahkan, pemberian pengarahan dan sosialisasi kepada warga akan bahaya membakar hutan dan pencurian kayu sangat diperlukan.

“Arahan dan pembinaan ini dilakukan agar warga bersama-sama ikut menjaga hutan sebagai penyangga sumber air khususnya di wilayah Kaliwungu dan Kabupaten Kendal,” tuturnya. (oz)

Click to comment
To Top