Dosen Paksa Mahasiswa Beli Buku, Ini Sikap Rektorat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Dosen Paksa Mahasiswa Beli Buku, Ini Sikap Rektorat

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Rektorat Universitas Muslim Indonesia (UMI) bereaksi atas informasi ada pemaksaan seorang dosen pada mahasiswa membeli buku.

Humas UMI, Dr Nur Jannah Abnah menegaskan, tidak boleh ada unsur paksaan bagi mahasiswa, apalagi dalam urusan membeli sesuatu yang dijual dosen. “Itu tidak dibenarkan sama sekali,” ujar Jannah menjawab wartawan, Senin 12 Oktober.

Menurut Jannah, dalam proses transfer ilmu dosen ke mahasiswa tentu ada medianya. Termasuk buku dimaksud. “Mungkin buku itu memang dibutuhkan sebagai referensi,” katanya.

Sebagai pengganti buku, bisa saja mahasiswa hanya membawa kopian buku itu. Bisa jadi dengan media lain, misalkan bukan bukunya dibeli, tapi difotokopi. Tapi jika ada pemaksaan dalam membeli buku, maka hal tersebut tak dapat dibenarkan,” tegasnya.

Sebelumnya, seorang dosen UMI melarang mahasiswa masuk di kelasnya jika tidak membeli buku. Buku itu diketahui seharga Rp60 ribu dan menjadi panduan wajib dalam perkuliahan. Dosen yang diketahui bernama Abdullah itu juga menjabat sebagai Wakil Dekan III Fakultas Sastra. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top