Kalangan Aktivis Optimistis Idris-Suardi Terpilih – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Kalangan Aktivis Optimistis Idris-Suardi Terpilih

FAJAR.CO.ID, BARRU — Perkembangan dinamika politik  di Pilkada Barru terus dipantau sejumlah aktivis kepemudaan dan kemahasiswaan yang tergabung dalam Kesatuan Aktivis Barru (KIBAR).

Berdasarkan hasil diskusi yang digelarnya di salah satu warung kopi (warkop) Makassar, para aktivis ini menyimpulkan, jika pasangan nomor urut 3 Andi Idris Syukur-Suardi Saleh (AIS) akan terpilih di pemilihan 9 Desember 2015 mendatang.

Alasannya, pantauan langsung di kalangan masyarakat, pasangan bertagline “Bekerja untuk Rakyat” tersebut banyak diperbincangkan. Selain posisinya sebagai incumbent, juga dipersepsikan sebagai pasangan yang merakyat dan santun.

“Hasil diskusi dan pantauan kita, pasangan nomor urut 3 itu dipersepsikan oleh masyarakat sebagai pasangan merakyat. Dan ini adalah pola tepat yang diterapkan, karena respons masyarakat yang antusias untuk menerima dan menghadirkan,” kata Sekretaris Jenderal PB KIBAR, Dahlan, S.Pd, M.Pd melalui rilisnya, Senin (12/10).

Di diskusi yang turut dihadiri Ketua Umum PB KIBAR, Fahrul Islam, M.Kes, juga memberi pujian terhadap materi kampanye AIS yang tidak ikut-ikutan menjelek-jelekkan rivalnya, melainkan menghimbau pendukung dan simpatisannya melakukan cara-cara santun dalam bersosialisasi.

Selain itu, di diskusi tersebut, gabungan aktivis ini juga mengajak semua kandidat dan pendukungnya untuk memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat, dan fokus menawarkan konsep atau gagasan membangun dan memajukan Barru.

Ketua Umum PB KIBAR, Fahrul Islam menekankan, perpolitikan di Barru selama pilkada kerap ditemukan ada pasangan dan pendukungnya yang terkesan tak mendidik, karena pola prilaku yang dipertontonkan jauh dari etika politik.

Akibatnya, target untuk menyudutkan rivalnya, seolah menjadi boomerang bagi mereka yang melakukan cara-cara tidak mendidik tersebut. “Pendidikan politik adalah hal yang sangat urgent dalam masyarakat, agar menciptakan pertarungan sehat, bijaksana,” katanya.

Ia menghimbau kepada masyarakat, agar mempelajari betul track record kandidat, seperti menilai mana kandidat yang hanya berbicara besar atau mengumbar janji, dan mana kandidat yang sudah bertindak untuk rakyat selama ini.

“Kalau model yang nampak selama ini di permukaan dan di masyarakat, Idris-Suardi akan keluar menjadi pemenang. Karena siapa yang sabar, maka dialah yang cerdas,” pungkas Fahrul yang diamini Dahlan, mahasiswa program pasca-sarjana Unhas itu.

Di tempat berbeda, sejumlah masyarakat menyatakan kesiapannya bergabung menjadi relawan AIS. Di Tanete Rilau misalnya, ratusan warga antusias mengikuti konsolidasi relawan, belum lama ini. Mereka bergabung dengan alasan panggilan hati dan nurani.

“Saya tergerak bergabung jadi relawan, karena saya percaya bahwa AIS memang layak diberi kesempatan melanjutkan pembangunan dan kemajuan yang sudah kami rasakan sebagai rakyat di Barru. Insya Allah, pasangan ini akan terpilih kembali,” kata salah seorang relawan, Sukma. (Rilis)

Click to comment
To Top