Pengusutan Proyek Instalasi Listrik Maros, Ini Hasil Kerja BPKP – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Pengusutan Proyek Instalasi Listrik Maros, Ini Hasil Kerja BPKP

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Indikasi terjadi kasus korupsi dalam proyek pengadaan pemasangan instalasi listrik Dinas Pertambangan dan Energi Maros 2008 masih dalam penelitian Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar mendekati kebenaran.

Sesuai hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulsel telah ditemukan indikasi kerugiaan negara atas kasus itu sebesar Rp291 juta.

Kepala Seksi Penuntutan Kejati Sulselbar, Aksan Thamrin SH MH, Senin 12 Oktober mengatakan berkasnya masih diteliti. Jika nantinya syarat formil dan materil dianggap belum dilengkapi penyidik, maka akan dikembalikan ke penyidik Polda Sulselbar.

Dalam kasus yang menyeret dua tersangka itu masing masing pelaksana proyek atau rekanan, Mirwan SE, pimpinan CV As Elektrika dan PPTK, Harjun. Para tersangka bekerja sama encairkan dana 100 persen, Padahal, pelaksana proyek belum rampung sampai akhir 2008.

 

[NEXT-FAJAR]

Menurut Aksan modus pelaksaan proyek, di antaranya merekayasa pengadaannya. Kedua tersangka merekayasa dokumen seakan-akan pengerjaan telah rampung. Padahal proyek baru dilakukan pada 2009. Namun kedua tersangka merekayasa pekerjaan selesai 100 persen.

“Rekanan baru melakukan pekerjaan pada 2009. Itu pun pekerjaan tidak rampung. Bahkan sampai saat ini belum diselesaikan sehingga BPKP Sulsel menyatakan pekerjaan telah menimbulkan kerugian negara Rp 291 juta dari nilai kontrak Rp326.551.500, ” kata Aksan. (id)

 

Click to comment
To Top