Penjambret Tikam dan Rampas Motor Polisi, Dua Ditembak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Penjambret Tikam dan Rampas Motor Polisi, Dua Ditembak

SEMARANG – Jajaran Kepolisian Resort Semarang berhasil membekuk kawanan jembret yang sering beraksi di wilayah Kabupaten Semarang. Bahkan saat hendak ditangkap, komplotan yang terdiri dari tiga orang tersebut sempat melukai seorang anggota kepolisian dari unit Sabhara Polres Semarang.

Telapak tangan kanan Bripka Yudi Purwanto robek akibat terkena sabetan senjata tajam yang dibawa salah satu komplotan jambret tersebut. Lantaran melawan, polisi terpaksa menembak dua orang kawanan jambret itu.
Kapolres Semarang AKBP Latif Usman saat gelar perkara kasus penjambretan di halaman parkir Polres Semarang Senin (12/10) siang menjelaskan, terungkapnya pelaku penjambretan yang sering terjadi di Kabupaten Semarang ini berawal dari adanya kasus penjambretan yang terjadi di sekitaran gerbang keluar jalan tol Ungaran pada hari Minggu (11/10) pukul 05.00 WIB. Ketiga pelaku tersebut yaitu, WBP (20) warga Pedurungan Semarang, WN (32), warga Semarang Timur, dan DP (23) warga Bergas, Kabupaten Semarang.
“Minggu pagi korban atas nama Muhammad Fahrudin Bahar Ulil Amri, warga Polaman Gunung Pati, Semarang, sedang nongkrong bersama temannya. Selang beberapa menit datang tiga orang yang langsung menodongkan parang dan meminta HP dan meminta tas yang berisikan benda berharga lainnya. Setelah itu langsung tancap gas,” terang AKBP Latif Usman.
Kapolres menambahkan, lantaran penasaran korban membuntuti kawanan tersebut hingga ke jalan utama Ungaran-Bawen. Sesampainya di tengah perjalanan, korban melihat ada anggota polisi berseragam lengkap yang sedang mengendarai sepeda motor, dan menceritakan kejadian yang menimpa dirinya.
“Begitu pelaku meninggalkan TKP, korban langsung membuntuti pelaku dari jarak jauh. Begitu melihat ada Polisi yang lagi naik motor langsung minta tolong, dan terjadi aksi kejar-kejaran,” ucap Kapolres Semarang.
Akibat terlalu kencang mengemudikan sepeda motor, ketiga pelaku tersebut terjatuh, dan salah satu tersangka berhasil diamankan oleh Bripka Yudi Purwanto.
“Melihat temannya ditangkap, salah satu tersangka lainnya mengeluarkan parang dan menyabetkan ke arah anggota, dan berhasil mengenai telapak tangan dan berhasil kabur sambil membawa sepeda motor milik anggota,” tandas Kapolres.
Namun tidak berlangsung lama, ketiga kawanan tersebut berhasil ditangkap jajaran Reskrim Polres Semarang di kawasan Tegalpanas, Kabupaten Semarang.
Kapolres menegaskan, pihaknya tengah mendalami keterangan para tersangka. Sejumlah barang bukti, meliputi dua ponsel merek Mito dan Samsung, tas ransel, cincin emas seberat 3 gram, anting emas 1,5 gram, parang tutup besi, pisau modifikasi, motor Honda Supra 125, serta Honda Beat milik pelaku telah diamankan guna penyidikan.
“Terpaksa kami tembak pada bagian kaki kedua tersangka tersebut, lantaran mencoba melawan petugas. Dan untuk ketiga pelaku tersebut kami jerat dengan pasal 365 KUHP,” tandas AKBP Latif Usman. (wis)

loading...
Click to comment
To Top