Pj Bupati Barru, Wartawan Itu Mitra Pemerintah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Pj Bupati Barru, Wartawan Itu Mitra Pemerintah

FAJAR.CO.ID, BARRU — Pj Bupati Barru, A. Muh Yamin melakukan silaturahmi dengan sejumlah insan pers dari berbagai media cetak, on line dan elektronik di ruang kerja Bupati, Sabtu, (10/10) akhir pekan ini. Dalam pertemuan tersebut, Pj Bupati berharap kepada insan pers dapat mendukung dan membantu kemajuan pembangunan di Kabupaten Barru.

“ Wartawan itu mitra pemerintah. Maka dari itu mari kita publikasikan program pemerintah dengan positif. Berikan informasi yang sebenarnya kepada masyarakat dengan penuh kesejukan. ciptakan keakraban antara pemerintah dengan masyarakat, masyarakat dan masyarakat ” ungkapnya.

Lebih lanjut suami dari Hj. Bunyaminah Umar Lakunnu ini menjelaskan bahwa sebagai carateker Bupati mempunyai tanggung jawab melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, memfasilitasi terlaksananya Pilkada dengan baik, aman dan lancar serta mendorong netralitas PNS pada Pilkada.

Pj Bupati yang didampingi asisten I Baharuddin, Asisten II Andi Adnan, Asisten III, Andi Makmun serta Kabag Humas Setda Barru, Yossi Febrisia, menegaskan bahwa semua kegiatan dan rencana Pemkab Barru tetap berjalan sesuai aturan. Mulai dari rencana pembangunan hingga pelayanan kepada masyarakat.

” Saya akan memantau semua SKPD dan mengunjungi semua kantor Kecamatan dalam hal pelayanan dan kinerja yang diberikan kepada masyarakat. Saya akan mendorong pelayanan publik dalam perijinan, mendorong pelayanan publik dalam pendidikan dan sebagainya ” ujar alumni SMPN Soppeng ini.

Meskipun pertemuan ini sifatnya resmi, namun acara yang dimoderatori oleh Kabag Humas Barru ini sangatlah cair, akrab, dan penuh kekeluargaan. Serius tapi santai, santai tapi serius. Hal itu terlihat saat sesi tanya jawab. Wartawan dari Fajar Pendidikan, Abd. Latief meminta bupati yang hingga sesi tanya jawab belum memperkenalkan dirinya. Karena pinta tersebut, H. Muh Yamin tersenyum lebar dan semua peserta ikut tertawa.

” Saya memang kelahiran Soppeng tahun 1961, tapi Barru tidak asing bagi saya. Tahun 1984 saya KKN di Kelurahan Mallawa selama 3 bulan di rumah Pak Amran. Mantan Bupati Barru A. Pammadengrukka adalah ipar saya. Mantan Bupati A. Muh. Rum sepupu 2 kali saya. Ketua DPRD sekarang yang juga saudara A. Anwar Aksa adalah sepupu satu kali dengan ibunya Istri saya. Artinya keluarga saya banyak di Barru. Jika dikaitkan dengan Pilkada, semua calon adalah keluarga saya. Saya jamin saya akan netral ” tegasnya.

Saat ditanya apa yang terlintas pertama kali dipikirannya saat ditunjuk menjadi caretaker? dengan tenang Kepala BKPMD Provinsi Sulsel menjawab bahwa ia tidak pernah sama sekali memimpikan jadi caretaker. Semua mengalir begitu saja. Saat pengusulan ada beberapa nama. Tak pernah terbayangkan kalau Ia dipercayakan untuk itu.

” Atas kepercayaan tersebut tentunya akan saya jadikan jalan untuk mengabdi dengan setulus-tulusnya, memberikan yang terbaik bagi daerah ini khususnya dan Sulawesi Selatan pada umurnya. Maka dari itu, teman-teman pers untuk ikut membantu saya” pintanya.

Sementara itu Kabag Humas Setda Barru, Yossi Febrisia memaparkan kepada Bupati akan hubungan yang terjalin antara Pemda Barru dengan kalangan insan pers. Hubungan sebagai mitra yang saling membutuhkan. Selama ini Pemda cukup memberikan ruang bagi wartawan dalam pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan kinerja wartawan. Saat ini Pemda Barru membantu beberapa wartawan yang akan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan. Telah dilaksanakan pula program bersama wartawan Studi banding ke Pulau Jawa. selain itu juga diberikan pembinaan dalam bentuk dana insentif setiap bulannya bagi wartawan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati.

Mendapat penjelasan tersebut, A. Muh Yamin sangat mengapresiasi akan hubungan kemitraan tersebut. karenanya beliau meminta agar apa yang sudah ada agar dipertahankan, dilanjutkan dan jika memungkinkan akan ditingkatkan. (*Humas/Rilis)

Click to comment
To Top