Ternyata Dragon Ball Pernah Ada Di Bali. Ini Buktinya… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hiburan

Ternyata Dragon Ball Pernah Ada Di Bali. Ini Buktinya…

FAJAR.CO.ID – Jika kalian lahir dan hidup di era tahun 90-an mungkin kalian pernah menyaksikan tayangan ini atau setidaknya kalian pernah mendengarkan sedikitnya cerita dari orang-orang tentang anime klasik ini. Siapa yang tak kenal dengan anime ini yang beradaptasi langsung dari manga nya itu sendiri yang bernama “Dragon Ball”.

Manga karangan dari sang mangaka maestro Akira Toriyama ini diadaptasi menjadi anime sejak tahun 1984 sampai 1995 ini memang begitu fenomenal. Anime ini sempat menghiasi minggu pagi kalian selama satu decade lebih.

Kisah Dragon Ball itu sendiri dimulai ketika Goku bertemu dengan gadis muda genius, bernama Bulma, yang berusaha mengumpulkan tujuh bola ajaib. Menurut Bulma bola-bola ajaib ini bisa mengabulkan semua permintaan. Bola-bola itulah yang bernama Dragon Ball.

Pasti kalian juga pernah mengingat salah satu segmen keren dari Dragon Ball adalah sebuah kompetisi beladiri yang disebut dengan Tenkaichi Budokai, atau World Martial Arts Tournament. Pada bagian ini seluruh tokoh kuat pada Dragon Ball akan bertarung di dalam tournament tersebut.

Diketahui di dalam tournament tersebut para jagoan-jagoan kuat dari Dragon Ball ini akan menunjukan kemampuan dan kekuatannya hingga keluar sebagai pemenang. Tapi tahukah kalian di dalam tournament itu ada hal yang menarik dari segi settingan gambar yang dibuat oleh Akira Toriyama?, Ternyata settingan gambar tournament tersebut diadakan di Bali.

[NEXT-FAJAR]

Mungkin sebagian fans fanatik Dragon Ball tidak menyadari sepenuhnya tentang settingan gambar latar belakang dari tournament itu. Menurut info redaksi kami sebagian besar memang para fans berat Dragon Ball tidak mengetahui hal tersebut dan tidak mempermasalahkan tentang setting gambar tournament itu sendiri.

Menurut berbagai info disinyalir oleh tim redaksi kami tentang fakta settingan gambar tournament yang melatar belakangi Bali itu adalah sebagai berikut:

1.Papaya Island Adalah Pulau Bali

Pengarang anime sekaligus mangaka legendaries Dragon Ball bernama Akira Toriyama ternyata pernah berkunjung ke Bali. Usut punya usut ternyata Akira Toriyama pernah datang ke Pulau Bali untuk referensi setting cerita Dragon Ball. Memang pada kenyataanya memang tempat tournament Dragon Ball ini dibuat semirip mungkin dengan Bali.

2.Tokoh Bali Di Munculkan

Ternyata dalam manga ataupun anime nya itu sendiri ada tokoh Bali yang dimunculkan dalam Dragon Ball ini adalah “Wayan Budhiyasa”.

Rupanya wayan Budhiyasa sendiri adalah seorang tour guide nya Akira Toriyama selama di Bali. Terkesan dengan keramahan dari seorang Budhiyasa, maka dia diabadikan ke dalam manga Dragon Ball.

3.Adanya Gapura Khas Pulau Dewata

[NEXT-FAJAR]

Yang paling khas dari Bali itu sendiri adalah gapuranya. Sebelum masuk pura biasanya kita akan melalui gapura dengan arsitekturnya yang khas dan indah.

Saat bertarung di tournament ini, tokoh utama serial Dragon Ball Go Ku bertarung pada arena dengan settingan gapura Bali lengkap dengan relief barongan.

4.Nama Tulisan Dalam Bahasa Indonesia

Manga ataupun animenya Dragon Ball muncul beberapa nama makanan menggunakan bahasa Indonesia. Akira Toriyama sendiri sengaja memasukan nama makanan berbahasa Indonesia itu agar sesuai dengan konsep settingan gambar tournament itu sendiri, dengan memasukan kata-kata makanan serta minuman seperti Kopi, Nanas, Soto Ayam dan Garam Pedas.

Hal ini juga semakin menunjukkan bahwa memang settingan tournament bela diri kelas dunia itu memang sedang diadakan di Indonesia tepatnya di Bali.

5.Bangunan Yang Hanya Ada Di Bali

[NEXT-FAJAR]

Beberapa bangunan berupa rumah khas Bali juga muncul di plot scane manga atau anime Dragon Ball ini. Namun didalam anime ini juga ditampilkan payung-payung seperti yang sering terlihat pada pura Bali. Lalu umbul-umbul di sekitar pura.

Saat kalian masih kecil, mungkin tidak banyak diantara kalian yang menyadari akan hal ini. Bagaimana perasaan kalian setelah melihat film favorit masa kecil kalian ini ternyata sebenarnya dekat dengan kita?

[baca juga: Mau Tahu Design Awal Sketsa Gambar Dragon Ball Z Seperti Apa? Baca Ini…]

Setidaknya kita patut sedikit banyak harus bangga sebagai warga Negara Indonesia. Apa yang kita miliki ternyata sangat dihargai oleh bangsa lain. Untuk itu, mulai sekarang kita harus menghargai kebudayaan sendiri. Jangan sampai kita menjadi marah besar hanya ketika budaya kita sudah diklaim oleh bangsa lain. (robby)

loading...
Click to comment
To Top