Tim Evaluasi Kerja Akademik Dikti: UIT Bisa dilaporkan ke polisi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Tim Evaluasi Kerja Akademik Dikti: UIT Bisa dilaporkan ke polisi

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Demo sekelompok mahasiswa Universitas Indonesia Timur (UIT) menyisakan cerita lain. Ketua tim evaluasi kerja akademik perguruan tinggi Kemenrterian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Dikti), Supriadi Rustad sosial media yang beredar luas di Makassar, Senin 12 Oktober mengatakan UIT bisa dilaporkan ke polisi.

Alasannya, perguruan tinggi itu diduga telah melakukan pembohongan yang merugikan mahasiswa. ”Laporan itu menjadi urusan mereka yang merasa dirugikan,” ujar Supriadi Rustad seusai mengunjungi kampus UIT Makassar.

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan tinggi sebelumnya telah menonaktifkan kegiatan perkuliahan UIT. Kampus yang berlokasi di Jalan Rappocini Raya itu dianggap tidak layak sebagai perguruan tinggi. “Kami datang meminta konfirmasi,” katanya.

 

[NEXT-FAJAR]

Informasi yang diperoleh Supriadi disebutkan UIT memiliki Dosen 300 orang dan mahasiswa sebanyak 20.000 orang. Ini lebih banyak ketimbang jumlah mahasiswa di Institut Teknologi Bandung (ITB). Mahasiswa ITB sekitar 18 ribu, tapi dosennya mencapai 1.200 orang.

Perbandingan jumlah dosen di UIT menurut Supriadi Rustad, tidak imbang. Selain itu manajemen UIT dinilai buruk. Misalnya tidak ada data pasti jumlah mahasiswa yang telah diwisuda. Menurut laporan data rektorat, mahasiswa diwisuda Juni lalu hampir mencapai 4.000 orang.

Tapi yang terdeteksi di pangkalan data Kementrrian hanya 922 orang. “Kami juga telah meminta UIT menghentikan penerimaan mahasiswa,” tandas Supriadi Rustad. (rilis)

 

loading...
Click to comment
To Top