Waduh! Sungai Ini Debitnya Sudah Turun 60 Persen – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Waduh! Sungai Ini Debitnya Sudah Turun 60 Persen

CILACAP, RAJA –  Debit air Bendung Manganti di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat semakin menyusut akibat kemarau, sehingga tidak bisa memasok kebutuhan irigasi dan perusahaan daerah air minum (PDAM) di Cilacap dan Ciamis.

“Penurunan debit air Sungai Citandui di Bendung Manganti saat ini telah mencapai lebih dari 60 persen,” kata Kepala Seksi Manajemen Air Bendung Manganti Sutarman kepada wartawan di Desa Bojongsari, Kecamatan Kedungreja, Cilacap, kemarin.

Dalam kondisi normal, kata dia, debit air Bendung Manganti mencapai 32 meter kubik per detik dan ketinggian air di hulu 10,7 meter dengan bukaan pintu air berkisar 30-50 persen. Akan tetapi saat ini, lanjut dia, ketinggian air hanya 8,37 meter dengan posisi seluruh pintu air ditutup total. “Dengan kondisi tersebut, pintu irigasi Bendung Manganti ke arah Cilacap (Jawa Tengah) dan Ciamis (Jawa Barat) tidak bisa dibuka bersamaan. Kami terpaksa membuka pintu air secara bergantian,” katanya.

Menurut dia, air Bendung Manganti yang dapat dinaikkan ke saluran irigasi hanya mencapai 15 sentimeter atau setara dengan 3-4 meter kubik per detik. Ia mengatakan bahwa penyebab turunnya debit air Sungai Citanduy di Bendung Manganti tidak semata-mata karena kemarau panjang. “Bendungan irigasi di sejumlah Anak Sungai Citanduy juga turut menyebabkan penurunan debit air Bendung Manganti,” katanya.

Ia mengatakan bahwa bendungan irigasi tersebut, antara lain berada di Sungai Cijalu, Majenang (Cilacap), dan Sungai Cilopadang, Cimanggu (Cilacap). Dengan adanya bendungan irigasi tersebut, kata dia, air yang biasanya mengalir ke Sungai Citanduy langsung dialirkan ke areal pertanian di bagian hulu anak sungai itu.

Berdasarkan data Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy, Bendung Manganti mengairi area persawahan seluas 26.153 hektare yang tersebar di Daerah Irigasi (DI) Sidareja-Cihaur, Kabupaten Cilacap, seluas 21.537 hektare dan DI Lakbok Selatan, Kabupaten Ciamis, seluas 4.616 hektare. (in)

loading...
Click to comment
To Top