Buka Pameran Penelitian, Ini Kata Menristek – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Buka Pameran Penelitian, Ini Kata Menristek

SEMARANG, RAJA – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mendorong hasil-hasil penelitian kalangan perguruan tinggi bisa dihilirisasi kepada dunia usaha.

“Pameran hasil penelitian PT ini sangat bermanfaat pada dunia usaha,” katanya usai membuka Pameran Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Karya Dosen Perguruan Tinggi dan Balitbangda di Semarang, Senin.

Menurut Guru Besar Universitas Diponegoro Semarang tersebut, pameran hasil-hasil penelitian semacam itu merupakan bukti inovasi anak-anak bangsa yang dilahirkan kalangan perguruan tinggi.

Nasir menjelaskan kalangan perguruan tinggi nantinya bisa bekerja sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) setempat untuk mendiseminasi hasil penelitian itu pada dunia usaha. “Kalau sudah didesiminasi terhadap dunia usaha, bagaimana bentuknya? Apakah badan usaha kecil atau koperasi? Kami tadi sudah bekerja sama dengan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM),” katanya.

Sosok kelahiran Ngawi, Jawa Timur, 27 Juni 1960 itu, berharap dengan adanya kerja sama tersebut, berbagai permasalahan yang dihadapi, seperti permodalan dan bentuk badan usahanya, bisa diselesaikan secara baik.

Ia menjelaskan hasil-hasil penelitian kalangan perguruan tinggi akan dilihat untuk menentukan kesiapannya diindustrikan dengan melihat tingkatan TRL (technology readiness level).

Kalau penelitian inovatif yang dihasilkan sudah mencapai TRL atau tingkat kesiapan teknologi di level cukup tinggi, bisa dilanjutkan sampai TRL 9 sehingga hasil penelitiannya bisa diindustrikan. “Namun, kalau penelitian yang dilakukan masih pada tahapan-tahapan awal, harus ada penelitian lebih lanjut untuk meningkatkannya pada tahapan inovatif,” kata Nasir.

Pameran Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Karya Dosen Perguruan Tinggi dan Balitbangda yang digelar selama dua hari, yakni 12-13 Oktober 2015 itu, diikuti oleh belasan perguruan tinggi.

Kalangan perguruan tinggi yang ikut, antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Undip Semarang, Universitas Negeri Semarang (Unnes), Institut Pertanian Bogor (ITB), dan Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang. (in)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top