Dell Beli EMC Rp 902 Triliun, Terbesar Jagat Teknologi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Dell Beli EMC Rp 902 Triliun, Terbesar Jagat Teknologi

FAJAR.CO.ID, Jakarta – Sesuai kabar yang beredar, raksasa komputer Dell mengumumkan kesepakatan membeli perusahaan storage data EMC senilai USD 67 miliar atau di kisaran Rp 902 triliun. Ini adalah aksi akuisisi terbesar dalam sejarah di jagat teknologi.

Akuisisi EMC akan membantu Dell melakukan diversifikasi bisnis dari pasar PC andalannya yang makin stagnan. Bisnis EMC di bidang penyimpanan dan pengelolaan data lebih menguntungkan dan tumbuh cepat.

Perpaduan bisnis server Dell dengan aset storage dan virtualisasi EMC akan membuat Dell memiliki penawaran produk lebih luas yang akan menyaingi nama besar seperti IBM, Cisco dan Hewlett Packard di area cloud computing, mobilty dan sekuriti cyber.

“Saya rasa Dell atau EMC tidak akan bertahan dalam jangka panjang jika berdiri sendiri, mereka sungguh membutuhkan satu sama lain. Dell lebih ke sisi konsumer, yang saat ini situasinya buruk. EMC memiliki beberapa produk enterprise, tapi tidak komplet,” kata Eric Johhnson, akademisi di Owen School Management.

EMC sendiri adalah raksasa di bisnis TI korporat. Mereka termasuk penyedia hardware storage terbesar di dunia. EMC juga membuat server dan memiliki perusahaan sekuriti RSA dengan produknya token SecurID yang dikenal sangat aman.

Aset besar EMC yang akan turut dimiliki Dell adalah VMWare, perusahaan yang menguasai jagat software virtualisasai, yang memungkinkan para pebisnis menjalankan bermacam sistem operasi di perangkat mereka. EMC mempunyai sekitar 81% saham VMWare.

“Kombinasi Dell dan EMC menciptakan kekuatan besar di solusi untuk enterprise. Perusahaan baru kami akan memiliki posisi sangat bagus dalam area generasi baru TI yang paling strategis,” demikian pernyataan Dell. (rilis)

loading...
Click to comment
To Top