Dua Desa Eks IDT Sasaran TMMD – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Dua Desa Eks IDT Sasaran TMMD

PATI, RAJA – Dua desa eks Inpres Desa Tertinggal (IDT) di Kabupaten Pati menjadi sasaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Kedua tahun anggaran 2015. Tujuan TMMD tahun ini, masih seperti pada tahun-tahun sebelumnya, selain mengurangi  dampak bencana alam di daerah sasaran, juga meningkatkan ekonomi, mempermudah angkut hasil bumi dan transportasi serta meningkatkan pengamanan  lingkungan.

Dua lokasi sasaran TMMD tahun itu,  Desa Sidomulyo Kecamatan Gunungwungkal dan Desa Mintomulya Kecamatan Juwana. Di dua desa tersebut, selain sasaran fisik berupa pengaspalan jalan, dan rehab poskamling, juga melakukan kegiatan sasaran non fisik. Berupa pelayanan KB dan kesehatan,  serta berbagai penyuluhan, seperti bahaya radikalisme, 4 konsesus dasar nasional, kejahatan pedofilia, HIV-AIDS, e-KTP, akte kelahiran, dan sertifikasi tanah, serta edukasi keterampilan home industri serta penyuluhan pertanian, perikanan dan peternakan.

Amanat Kepala Staff Angkatan Darat (KASAD) yang dibacakan Kapolres Pati, AKBP. R. Setijo Nugroho Hasto. HP, SIK, saat membuka TMMD di lapangan Desa Sidomulyo Kec Gunungwungkal, Jumat pagi (9/10) mengatakan, melalui TMMD diharapkan dapat mewadahi aspirasi kepentingan masyarakat di pedesaan. Karena kegiatan itu, selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat sebagai pelaku sekaligus pengguna hasil TMMD.

“Justru itulah peran dari semua stakeholder baik Kementerian, baik Pemerintah maupun non Pemerintahan, Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD yang selalu didukung aktif masyarakat sebagai penentu keberhasilan TMMD. TMMD telah membantu Pemerintah Daerah dalam akselerasi pembangunan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Serta memantapkan wawasan berkebangsaan dan bernegara,” katanya.

Total anggaran untuk kegiatan yang berlangsung selama 21 hari hingga 28 Oktober mendatang, di Desa Sidomulyo senilai Rp351,8 juta, dan di Desa Mintomulyo senilai Rp. 381,98 juta lebih, dan dana dukungan operasional Satuan Tugas (Satgas) Rp82 juta.

Usai membuka TMMD, Kapolres AKBP. R. Setijo Nugroho Hasto. HP, SIK dan Dandim Letkol. Inf. Hery Setiono didampingi istri, mencurahkan aspal di badan jalan yang menjadi sasaran fisik, serta peninjauan pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pembantu, dan pelayanan KB. (pt)

loading...
Click to comment
To Top