GIW Juara Produk Makanan dengan Kemasan Terbaik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

GIW Juara Produk Makanan dengan Kemasan Terbaik

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Galeri Indonesia WOW (GIW) belum di-launching. Namun, kiprahnya kian eksis. Buktinya, dalam event Smesco Festival 2015, garapan Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kemenkop dan UKM itu meraih prestasi yang memuaskan. Yakni, juara kategori produk makanan dengan kemasan terbaik. Penghargaan tersebut diterima Kepala Divisi Bisnis LLP-KUKM Atajudin Nur di Jakarta Convention Center (JCC) beberapa waktu lalu.

Deputi Menteri Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kemenkop dan UKM Emilia Suhaimi menuturkan, penghargaan yang diraih stan Galeri Indonesia WOW membuktikan bahwa garapan LLP-KUKM itu sudah diakui dewan kurator yang sangat independen. Menurut dia, GIW merupakan hal baru dan penuh dinamika.

’’Artinya, prestasi yang diraih tersebut merupakan pengakuan awal dari konsep GIW untuk lebih maju dan membawa UKM binaan eksis di pasar internasional,’’ terang Emilia.

Dia menambahkan, banyak kriteria yang menjadikan GIW sebagai juara produk makanan dengan kemasan terbaik. Salah satunya, produk tersebut secara standar siap dipasarkan dan memiliki kemasan yang sesuai dengan standar internasional.

’’Sebetulnya, produk-produk dari UKM binaan kami tidak kalah dari produk luar negeri. Hanya, kemasannya saja yang perlu diperbaiki,’’ kata Emilia.

Untuk memenuhi standar internasional, lanjut dia, produk makanan dan minuman yang siap edar atau jual perlu memperhatikan keamanan dan higienitas yang bisa diterima pasar internasional. ’’Pada acara Smesco Festival, kami memiliki klinik pengemasan produk. Nah, para UKM bisa memanfaatkannya,’’ ujar Emilia.

Dia memberikan saran kepada para UKM agar memperkuat produk dengan mendesain kemasan berstandar internasional. UKM juga perlu memperhatikan pendistribusian dan promosi harga produk hingga siap ekspor. ’’Nah, para UKM pun bisa ikut terlibat dalam program kami. Yakni, branding dan packaging,’’ jelas Emilia.

Dirut LLP-KUKM Ahmad Zabadi mengapresiasi keberhasilan GIW meraih prestasi di Smesco Festival. Itu, tutur Zabadi, merupakan awal yang bagus untuk meraih prestasi yang besar dan membawa UKM binaan naik kelas ke tingkat yang lebih tinggi. Dia juga merasa gembira karena produk para UKM binaan tampak berkualitas saat mengikuti event-event nasional maupun internasional.

Nah, terkait dengan kemasan dan produksi, sambung Zabadi, pihaknya akan membantu mengomunikasikan dengan para deputi di Kemenkop dan UKM. Soal promosi dan pemasaran, dia menyarankan, para UKM harus berani memasarkan produk secara global. Termasuk bisa masuk ke ritel modern.

’’Jadi, produk UKM tidak sekadar bisa dijual di pinggir jalan. Produk juga harus masuk ke ritel modern,’’ tegas Zabadi. (*)

loading...
Click to comment
To Top