Massedi Siap Jadikan Bulukumba Sentra Maritim Selatan-Selatan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Massedi Siap Jadikan Bulukumba Sentra Maritim Selatan-Selatan

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA, — Komitmen pasangan calon (Paslon) Masykur Andi Sultan-Edy Manaf (Massedi) untuk mewujudkan Bulukumba lebih baik tak diragukan lagi. Berbagai program untuk itu telah disampaikan kepada masyarakat di daerah ini.

Setelah masalah pertanian, kini pasangan usungan PAN, PKB dan PBB tersebut, ingin mewujudkan Kabupaten Bulukumba sebagai sentra maritim di wilayah Selatan, Sulawesi Selatan (Sulsel). Hal itu disampaikan juru bicara (Jubir) Massedi, Fahidin HDK, dalam surat elektroniknya, 13/10.

Menurut Fahidin, Bulukumba merupakan daerah yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) cukup melimpah dibandingkan dengan kabupaten lainnya, khususnya yang berada di wilayah Selatan Sulsel. Dengan pertimbangan itu, Masykur-Edy Manaf berkeinginan untuk menjadikan Bulukumba sebagai sentra maritim di Selatan Sulsel.

Apalagi, lanjut Fahidin, pemerintahan Jokowi-JK menjadikan maritim sebagai isu utama pemerintahannya. Menyahuti program prioritas nasional tersebut, Bulukumba sesungguhnya memiliki potensi yang besar. Garis bentang pantai Bulukumba yang mencapai 128 KM menyimpan potensi perikanan, pariwisata dan potensi industri maritim yang luar biasa untuk dikembangkan.

“Letak geografis Bulukumba yang diapit teluk Bone dan laut Flores membuat nelayan Bulukumba dapat berlayar sepanjang waktu. Karena jika musim barat tiba, nelayan tetap dapat mencari ikan di teluk Bone yang relatif tenang. Itu membuat pasokan ikan dapat dijaga relatif sustainable dan kontinyu,” katanya.

Beberapa wilayah pantai Bulukumba juga menjadi lokasi ideal bagi budidaya rumput laut. Budidaya yang selama ini dilakukan harus lebih ditingkatkan. Saat ini produksi rumput laut Bulukumba pertahun “baru” sebesar 147 ribu ton rumput laut basah. Padahal dengan potensi geografis yang dimiliki, jika dimaksimalkan Bulukumba dapat memproduksi sampai 850 ribu ton rumput laut basah pertahun.

“Makanya untuk menjadikan Bulukumba sebagai sentra maritim terutama pada tiga sektor yakni, sebagai pusat produksi dan pengolahan rumput laut menjadi produk olahan jadi atau setengah jadi (refine carageenan atau semi refine carageenan), sebagai sentra produksi dan pengolahan produk perikanan dan pusat industri maritim perkapalan tradisional yang mendunia,” kunci Fahidin. (fmc)

Click to comment
To Top