Penuntasan Permukiman Kumuh Rampung 2019 – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Penuntasan Permukiman Kumuh Rampung 2019

FAJAR.CO.ID, BULUKUMBA — Program peningkatan kualitas perumahan dan permukiman kumuh ditargetkan tuntas 2019 mendatang.

Namun dibutuhkan peran pemerintah daerah, masyarakat, dan stakeholder terkait untuk menyukseskan program yang dicanangkan pemerintah pusat itu.

City Changer Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) Bulukumba, Sudirman menjelaskan, program tersebut menargetkan 100-0-100.

Artinya 100 persen pemenuhan akses air bersih dan air minum, 0 permukiman kumuh, dan pemenuhan akses sanitasi 100 persen.

Menurut dia, permasalahan umum kawasan permukiman kumuh selama ini dipengaruhi kepadatan bangunan yang tinggi, kondisi prasarana dan sarana yang buruk secara kuantitatif dan kualitatif, kondisi lingkungan yang tidak di dukung oleh sistem drainase yang baik.

 

[NEXT-FAJAR]

“Selain itu tidak memiliki keteraturan struktur permukiman di bantaran sungai dan areal yang terpengaruh secara fisik adanya pengelolaan limbah pabrik dan rumah tangga sekitar juga berpengaruh dengan permukiman,” ujar Sudirman, Selasa 13 Oktober.

Saat ini kata komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Bulukumba itu programnya telah rampung di seluruh kelurahan dalam wilayah kota Bulukumba.

Seluruh wilayah telah melakukan perencanaan partisipatif pendataan dan penyusunan dokumen profil indikator kumuh. Akurasi data dan relevansi yang sesuai konteks keterpaduan penanganan kawasan menjadi sangat penting untuk menjadi dasar kriteria pembangunan.

“Semoga dengan lahirnya profil kawasan permukiman setiap kelurahan dapat membantu pemerintah dalam percepatan penanganan kawasan kumuhtersebut,”katanya. (taq)

 

To Top