Sejumlah Alat Peraga Kampanye KPU Rusak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Sejumlah Alat Peraga Kampanye KPU Rusak

KENDAL, RAJA – Alat Peraga Kampanye (APK) dari KPU berupa spanduk yang berada di depan Perumahan Sijeruk, terlihat terlepas. Tidak terlihat lagi gambar kedua Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati yang akan bertarung dalam Pilkada Kendal 9 Desember mendatang. Selain itu, umbul-umbul yang berada tidak jauh dari lokasi juga terlihat hampir tumbang akibat terkena terjangan angin.

Ketua KPUD Kendal, Wahidin Said SHI MH, saat dikonfirmasi Minggu (11/10), mengungkapkan, pihaknya siap untuk mengkoordinasikan hal ini kepada pihak rekanan yang memiliki tanggung jawab dalam pemasangannya. Dikatakan, APK sendiri belum sepenuhnya terpasang di seluruh wilayah Kabupaten Kendal, pada titik-titik yang telah disepakati dan ditentukan bersama antara KPUD Kendal, Pemkab, tim kampanye, Panwas, PPK, dan PPS.

“Kami mendapatkan laporan ada beberapa APK berupa spanduk maupun umbul-umbul yang lepas ataupun roboh di beberapa lokasi. Laporan ini akan kami tindaklanjuti dengan melaporkannya kepada pihak rekanan dan teman-teman dari PPK, agar segera melakukan pembenahan,” bebernya.

Selanjutnya apabila ditemukan APK dalam kondisi rusak, diminta untuk diperbaiki dan dilakukan pemasangan kembali sesuai standar yang ada. Namun, jika APK tersebut tidak bisa diperbaiki, maka untuk sementara diminta dikembalikan. “Kalau masih bisa diperbaiki maka kami minta untuk diperbaiki dan dipasang lagi. Hal yang terpenting, kami menjaga agar hak calon telah terpenuhi,” ujarnya.

Berdasarkan surat dari KPU Pusat, KPUD memeiliki kewajiban untuk melakukan perbaikan maksimal satu kali, apabila APK mengalami kerusakan. “Hanya saja, ini perlu penganggaran tersendiri, namun kami belum bisa pastikan kejelasannya. Pasalnya, proses pengajuan anggaran membutuhkan waktu dalam prosedur pengurusannya, padahal waktu kampanye hanya tinggal dua bulan lagi,” tambahnya. (rp)

Click to comment
To Top