Gokil… Di Pakistan Rambut Unta di Cukur Unik – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Gokil… Di Pakistan Rambut Unta di Cukur Unik

FAJAR.CO.ID, PAKISTAN – Tiap tahun, beberapa kelompok warga Pakistan memiliki kebiasaan unik untuk memperindah ‘kecantikan’ unta mereka.  Rambut atau bulu unta mereka akan dicukur dengan ukiran-ukiran yang indah dan memiliki seni seperti ukiran desain sebuah ornament.

Kebiasan ini biasanya dilakukan menjelang lebaran idul adha. Menurut pemiliki unta, ukiran rambut unta yang yang bagus akan meningkatkan nilai harga untanya. Pencukuran bulu unta itu dilakukan oleh seorang ahli tukang cukur, hebatnya tukang cukur hanya menggunakan sebuah gunting.

Umumnya, tiap unta yang dipangkas akan dikenakan tarif sekira tiga ribu ruppe, “ saya dibayar dua hingga tiga ribu ruppe per unta” kata Ali Hassan, salah seorang petani yang juga bekerja sambilan sebagai tukang cukur.

“tiap tahun saya akan mengunjungi pasar Karachi, beberapa minggu sebelum Idul Adha, untuk sedikit tambahan (uang) dari kerja seni ini.” Sambungnya.

Menurut Ali, proses pemangkasan biasanya akan menghabiskan waktu sekira empat jam. Tergantung dari warna dan ukuran unta. Ia juga mengaku, memiliki 15 tipe potongan rambut untuk unta. (imn)

To Top